Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    Visi, Misi, dan Tujuan

    A. Visi SMA Negeri 4 Wajo

    Guna memberikan arah atau pedoman bagi pengelolaan pendidikan di sekolah dan mencapai tujuan pendidikan yang diinginkan dimasa depan maka sekolah perlu menetapkan visi sekolah yang merupakan gambaran atau pedoman sekolah yang diinginkan di masa depan. SMA Negeri 4 Wajo pada Tahun Pelajaran 2018/2019 menggunakan visi:

    Terwujudnya Sumber Daya Manusia yang Berkarakter, Kreatif, Inovatif, Unggul, Berbudi Luhur, dalam Iptek dan Imtaq serta Berbudaya Lingkungan melalui upaya Pelestarian Fungsi Lingkungan, Mencegah Terjadinya Pencemaran dan Kerusakan Lingkungan Hidup

    Sebagai indikator dari Visi tersebut adalah : 
    1. Terlaksananya proses pembelajaran dan bimbingan yang kondusif dan efektif.
    2. Terbentuknya generasi yang beriman dan bertaqwa, cerdas, terampil, kreatif, inovatif, mandiri, berdedikasi, berdisiplin, bertanggungjawab, memiliki sikap gotong royong, hormat dan santun kepada orang tua, cinta almamater, cinta tanah air dan bangsa.
    3. Unggul dalam prestasi belajar (akademik), penguasaan ketrampilan dan Iptek (Life Skill)
    4. Terlaksananya perilaku akhlaqul karimah (budi pekerti luhur) dalam kehidupan sehari-hari bagi warga sekolah dalam upaya mewujudkan kesejahteraan lahir dan batin.
    5. Terwujudnya lingkungan fisik sekolah yang selalu bersih, indah, tertib, nyaman, elok, dan tentram (BERINTERNET) untuk proses pembelajaran.
    6. Terwujudnya Budaya Lingkungan melalui upaya pelestarian fungsi lingkungan, mencegah terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup


    B. Misi SMA Negeri 4 Wajo

    Untuk merealisasikan Visi sekolah tersebut diatas maka sekolah perlu merumuskan tindakan atau kegiatan yang akan dilakukan. Tindakan tersebut dinamakan Misi Sekolah. Misi yang akan dilakukan oleh SMA Negeri 4 Wajo adalah:
    1. Melaksanakan proses pembelajaran dan bimbingan secara efektif dengan mengoptimalkan pelaksanaan proses pembelajaran aktif, inovatif, kreatif, dan menyenangkan. Serta meningkatkan kinerja guru dan pegawai melalui pelatihan dan MGMP.
    2. Membentuk generasi yang beriman dan bertaqwa, cerdas, terampil, kreatif, inovatif, mandiri, berdedikasi, berdisiplin, bertanggungjawab, memiliki sikap gotong royong, hormat dan santun kepada orang tua, cinta almamater, cinta tanah air dan bangsa, melalui peningkatan kegiatan intra dan ekstrakurikuler serta kewirausahaan
    3. Menumbuhkan semangat keunggulan dalam prestasi belajar, bekerja, bersikap dan bertindak yang dilandasi dengan semangat kekeluargaan, keteladanan, dan kesadaran serta tanggungjawab dari seluruh warga sekolah.
    4. Menumbuhkan penghayatan dan pengamalan ajaran agama yang dianut bagi seluruh warga sekolah.
    5. Membudayakan perilaku akhlaqul karimah (budi pekerti luhur) dalam kehidupan sehari-hari bagi warga sekolah dalam upaya mewujudkan kesejahteraan lahir dan batin.
    6. Memelihara dan menciptakan lingkungan fisik sekolah agar selalu bersih, indah, tertib, nyaman, elok, dan tentram (BERINTERNET) untuk proses pembelajaran, melalui pengaturan taman dan halaman.
    7. Melaksanakan Budaya Lingkungan melalui upaya pelestarian fungsi lingkungan, mencegah terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup

    C. Tujuan SMA Negeri 4 Wajo

    Adapun tujuan SMA Negeri 4 Wajo adalah:
    1. Terpenuhinya perangkat pembelajaran untuk semua mata pelajaran dengan mempertimbangkan pengembangan nilai religius dan budi pekerti luhur.
    2. Terwujudnya budaya gemar membaca, kerjasama, saling menghargai, displin , jujur, kerja keras, kreatif dan inovatif.
    3. Terwujudnya peningkatan Prestasi dibidang Akademik dan non-Akademik
    4. Terwujudnya suasana pembelajaran yang menantang, menyenangkan, komunikatif, tanpa takut salah, dan demokratis.
    5. Terwujudnya efisiensi waktu belajar, optimalisasi penggunaan sumber belajar dilingkungan untuk menghasilkan karya dan prestasi yang maksimal.
    6. Terwujudnya lingkungan sekolah yang memiliki kepedulian sosial dan lingkungan, cinta damai, cinta tanah air, semangat kebangsaan, serta hidup demokratis
    7. Terlaksananya upaya pelestarian fungsi lingkungan mencegah terjadinya pencemaran dan kerusakan lingkungan hidup dalam menopang budaya lingkungan di sekolah.



    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728