Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    Perpustakaan Digital Kini Hadir di SMAN 4 Wajo

    Perpustakaan Digital yang dipersembahkan oleh Elfan Bookless Library System kini hadir di SMAN 4 Wajo. Penyerahan  Elfan Bookless Library System ini dilaksanakan pada Rabu, 7 Desember 2022.  langsung dari pihak ketiga Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan yang menang tender ke pihak SMAN 4 Wajo untuk dimanfaatkan sebagai perpustakaan digital sekolah. 



    Perpustakaan digital ini murni merupakan program Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan dan secara bertahap akan diserahkan ke semua sekolah yang ada di Sulawesi Selatan. SMAN 4 Wajo sendiri selaku salah satu sekolah penerima bantuan, tidak memasukkan proposal terlebih dahulu untuk mendapatkan bantuan tersebut, justru setelah bantuannya sudah ada barulah pihak SMAN 4 Wajo memasukkan proposal.

    Uniknya, perpustakaan digital ini meskipun namanya perpustakaan digital tetapi tidak perlu menggunakan kuota internet asalkan sudah terhubung dengan server Elfan Bookless Library System. Ada server khusus secara lokal yang disediakan tapi hanya bisa diakses dalam radius 100m dari lokasi server. 

    Berdasarkan wawancara dengan bapak Yasser Arafat, S.Pd selaku guru SMAN 4 Wajo, bahwa sebelumnya di SMAN 4 Wajo sejak dulu sudah dirancang sebuah inovasi perpustakaan digital. Namun ada beberapa kendala sehingga penggunaanya tidak berjalan dengan baik. 

    "Perpustakaan digital SMAN 4 Wajo telah dirancang dari dulu dan ada di playstore. Hanya saja untuk memunculkan buku-buku yang ada di perpustakaan digital memerlukan dana sebesar Rp. 100.000 perjudul dan termasuk mahal. Sehingga hanya aplikasi saja yang dihadirkan yang tidak pernah digunakan lalu dibuat dalam bentuk epsit dan sites tapi belum diuji coba. Namun alhamdulillah pada Rabu, 07 Desember 2022 kita mendapatkan dari Elfan Bookless Library, salah satu penyedia  yang ada di Jawa diberikan 9.000 judul buku yang sudah siap dimanfaatkan kemudian hak sekolah boleh menambahkan secara gratis buku-buku yang ada. " ungkap beliau. 


    Beliau menambahkan alasan hadirnya perpustakaan digital ini karena kita sudah ada di jaman digitalisasi, jadi semua proses yang dilakukan hendaknya dalam bentuk digital. 



    1. Tim Liputan : Novia Yusmiranda dan Khusnul Khatimah
    2. Penulis : Nofi Lestari
    3. Penyunting : Sherilyn Nadia Mukhtar
    4. Dokumentasi : Resty Ananda

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728