Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    Wadahi Pengembangan Bakat Peneliti Muda, SMAN 4 Wajo Laksanakan Pelatihan KIR

     Kamis (8/12/2022) UPT SMA Negeri 4 Wajo mengadakan pelatihan Karya Ilmiah Remaja (KIR) dengan tema "Membangkitkan Semangat Jiwa Peneliti Muda Di Era Industri 4.0". Tujuan dilaksanakannya kegiatan ini yaitu untuk membekali peserta didik yang memiliki minat dan bakat dalam meneliti dengan memberikan ilmu dasar tentang penelitian, juga bimbingan dalam meneliti dan menyusun Karya Tulis Ilmiah.


    Kegiatan ini berlangsung selama 7 hari, mulai 8 Desember 2022 s.d 14 Desember 2022. Pemaparan materi dilaksanakan selama 2 hari, 5 hari berikutnya kegiatan mentoring untuk membuat sebuah Karya Tulis Ilmiah (KTI). Kegiatan ini diikuti sebanyak 24 peserta yang terdiri dari kelas X dan XI UPT SMA Negeri 4 Wajo.


    Pelatihan Karya Ilmiah Remaja (KIR) dibuka secara resmi bersamaan dengan kegiatan OSIS yaitu Latihan Dasar Kepemimpinan (LDK) oleh Kepala UPT SMA Negeri 4 Wajo. Kemudian dirangkaikan dengan pengalungan tanda kepanitiaan dan peserta Latihan  Dasar Kepemimpinan (LDK) dan pelatihan Karya Ilmiah Remaja (KIR). 

    Setelah pembukaan, dilanjutkan penerimaan materi. Materi pertama, dengan judul “Sistematika Penulisan” yang dibawakan oleh bapak Yasser Arafat, S.Pd. Materi kedua, yakni “Kaidah Bahasa pada KTI”, dibawakan oleh ibu Sri Dewi Astuti, S.Pd.

    Pada Jum'at (9/12/2022), kegiatan kembali dilanjutkan dengan 2 materi yang juga sama menariknya yakni materi "Metodologi Penelitian" yang dibawakan oleh ibu Annisa Eka Handayani, S.Pd dan materi "Penggunaan IT pada KTI" yang dibawakan oleh bapak Jamal, S.Pd. Terpantau peserta masih antusias mengikuti pelatihan di hari kedua.


    Setelah penerimaan materi selesai, para peserta dibagi menjadi beberapa kelompok untuk kemudian dibimbing oleh para mentor yang merupakan pengurus aktif  KIR Cemara. Pengambilan data dan penyusunan KTI dilakukan di luar sekolah. dan akan dipresentasikan di hadapan juri pada hari Rabu, 14 Desember 2022.




    1. Liputan : Ahsanul Husna, Nurwindah S
    2. Dokumentasi : Andi Revania Ibrahim
    3. Penulis : Salma Maharani
    4. Penyunting : Besse Sakina

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728