Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    Resmi! UPT SMA Negeri 4 Wajo Kembali Raih Akreditasi "A"


    UPT SMA Negeri 4 Wajo sebelumnya memang telah berpredikat akreditasi "A", kini predikat yang sama kembali diraih.

    Dalam penilaian akreditasi sekolah terdapat 4 komponen sekolah yang menjadi penilaian pokok yaitu:

    (1.) Mutu Lulusan

    (2.) Proses Pembelajaran

    (3.) Mutu Guru

    (4.) Manajemen Sekolah


    Dokumen unggah dan dokumen non unggah menjadi hal yang harus dipersiapkan dalam menghadapi akreditasi.

    Persiapan akreditasi sekolah UPT SMA Negeri 4 Wajo sudah dilaksanakan sejak Februari 2021 s.d Desember 2022 dan waktu yang dibutuhkan untuk mempersiapkan bahan kelengkapan akreditasi sekolah UPT SMA Negeri 4 Wajo, yaitu selama 1 tahun 11 bulan.

    Penilaian akreditasi tersebut melibatkan semua tenaga pendidik dan kependidikan serta adanya pembentukan panitia  yang bertujuan mempermudah koordinasi untuk mempersiapkan segala hal yang dibutuhkan dalam menghadapi akreditasi sekolah.


    Namun pastinya ada kendala dalam persiapan akreditasi tersebut, "Kita kembali menggali dokumen-dokumen yang satu tahun sebelumnya itu, sehingga terkadang kita tidak menemukan kembali atau lama dicari baru ada. Nah itu termasuk kendala. Kemudian kendala yang lain itu adalah harus ada koordinasi yang baik dengan semua teman-teman supaya berkas-berkas yang dibutuhkan itu bisa terkumpul dengan cepat sesuai dengan tepat waktu," ungkap Drs. Muhammad Yunus, M.M., selaku Ketua Panitia persiapan akreditasi SMAN 4 Wajo. 

    Beliau kembali menuturkan "Akreditasi sekolah itu sangat penting karena akreditasi itu lah yang menunjukkan prestasi suatu institusi pendidikan, mulai dari SD hingga Perguruan Tinggi. Jadi akreditasi itu menunjukkan keberhasilan suatu sekolah, misalnya akreditasi A berarti sekolah itu berprestasi. Nilai dari akreditasi itu menunjukkan prestasi suatu sekolah," lanjutnya. Dalam meningkatkan akreditasi sekolah semua dokumen-dokumen yang diperlukan baik dokumen unggah maupun non-unggah itu semua harus terpenuhi, sehingga mutu nilai setiap unggahan itu harus tinggi dan lengkap.


    Dalam sesi wawancara, Drs. Muhammad Yunus, M.M juga memyampaikan bahwa akreditasi sekolah sangat berpengaruh terhadap mutu sekolah. "Sangat berpengaruh karena akreditasi itu menggambarkan tentang mutu pendidikan suatu sekolah. Jadi kalau akreditasi A, berarti sekolah itu dianggap punya prestasi yang bagus, baik di bidang akademik maupun non-akademik."


    Beliau berharap, untuk mempertahankan nilai akreditasi A yang telah diraih. "Harapan saya untuk kedepannya tetap mempertahankan nilai akreditasi A yang kita raih sekarang. Jadi Insyaa Allah 2027 itu akreditasi lagi, nilai yang sekarang kita harus pertahankan dan kalau perlu ditingkatkan lagi. Kemudian saya berharap supaya akreditasi itu tetap bertahan pada nilai seperti itu, yaitu dengan  meningkatkan prestasi sekolah baik prestasi akademik maupun non-akademik, kemudian sarana dan prasarana sekolah itu juga harus memenuhi," ucap beliau.



    1. Liputan : Eka Aulia dan Husnul Khatimah
    2. Penulis : Andi Naila Zulaykha
    3. Penyunting : Besse Sakinah

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728