Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    Semarak Upacara Peringatan HUT ke-78 RI di Kecamatan Maniangpajo

    Kamis, 17 Agustus 2023 di lapangan Sepak Bola Andi Alinuddin Anabanua, Kecamatan Maniangpajo dilaksanakan Upacara Peringatan HUT Kemerdekaan Republik Indonesia. Tentu rangkaian kegiatan ini dilaksanakan dalam rangka memperingati Hari Kemerdekaan Indonesia yang ke-78 tahun. Kegiatan ini dimulai sekitar pukul 09.00 WITA — selesai.

    Upacara Peringatan HUT ke-78 RI ini dihadiri oleh seluruh peserta didik SD/SMP/SMA sampai mahasiswa KKN, PNS, PKK, Pramuka dan juga tamu undangan yang bertugas di Kecamatan Maniangpajo. 

    Adapun yang menjadi pelaksana upacara dalam kegiatan ini diantaranya : 

    Indirwan S.Sos, selaku Camat Kecamatan Maniangpajo yang bertugas sebagai Inspektur Upacara. Jumrawati, S.Pd selaku Pendidik di SMP Negeri 1 Maniangpajo yang bertugas sebagai Master of Ceremony. Latang, S.Pd yang bertugas sebagai Pembaca Naskah Proklamasi. Panangiang, S.Ag selaku Pendidik di UPT SMA Negeri 4 Wajo yang bertugas sebagai Pembaca Do’a. Ada juga kelompok paduan suara yang terdiri dari para pegawai dari instansi yang bertempat di Kecamatan Maniangpajo, dimana yang bertugas menjadi Dirigen adalah Besse Ayu Wulandari K, S.Pd, salah satu pendidik di UPT SMA Negeri 4 Wajo. 

    Mengawali Upacara Kemerdekaan di Kecamatan Maniangpajo, pasukan yang ditugaskan melakukan penjemputan bendera merah putih dari Rumah Jabatan Camat Maniangpajo ke lokasi upacara adalah anggota Pramuka di UPT SMA Negeri 4 Wajo. Pasukan ini terdiri dari 22 orang. 

    Selanjutnya, yang menjadi sorotan dalam setiap pelaksanaan Upacara Hari Kemerdekaan NKRI adalah Pasukan Pengibar Bendera. Tahun ini, mereka yang dipilih adalah siswa-siswi terbaik kelas X dan XI di UPT SMA Negeri 4 Wajo.

    Setelah sukses dalam rangkaian kegiatan Upacara Peringatan HUT ke-78 RI, dilanjutkan dengan ziarah makam yang berlokasi di Taman Bahagia. Ini merupakan bentuk penghormatan kepada para pahlawan yang telah berkorban untuk kemerdekaan. 

    Kemudian pada pukul 16.00 WITA, kembali dilaksanakan Upacara Penurunan Bendera. Semua pelaksana yang bertugas di pagi hari, kembali melakukan tugasnya.


    Setelah Upacara Penurunan, tim liputan Jurnalistik Cemara UPT SMAN 4 Wajo berkesempatan untuk mewawancarai seorang narasumber istimewa, yakni Indirwan, S.Sos selaku Camat Kecamatan Maniangpajo. Beliau menceritakan persiapan-persiapan apa saja yang dilakukan untuk menyukseskan Upacara Peringatan Kemerdekaan yang ke-78 tahun ini. Beliau menyampaikan bahwa kegiatan ini dimulai dengan diawali pembentukan panitia pelaksana sejak tanggal 18 Juli 2023.

    Indirwan, S.Sos  menekankan bahwa sampai saat ini kalaupun ada kendala kemungkinannya kecil, itupun sudah bisa diatasi dengan sebaik-baiknya. 


    Pada HUT ke-78 RI ini, Camat Kecamatan Maniangpajo mengungkapkan harapannya agar kiranya anak-anak bangsa bisa menyadari bahwa kita harus menghargai pahlawan kita terdahulu. Bagaimana beliau-beliau memperjuangkan bangsa Indonesia untuk merdeka, hingga sampai saat ini kita tetap memperingati kemerdekaan itu dan tetap bersyukur karena kita dapat menikmati kemerdekaan sampai saat ini.

    Beliau mengutarakan kesan dari pelaksanaan upacara ini. “Semuanya baik, aman dan lancar,” ujar beliau dengan mantap.

    Dari peserta didik SMA, ada sebuah pesan dan kesan  yang didapat dan diutarakan usai mengikuti Upacara Peringatan Hari Kemerdekaan ini.

    ”Dirgahayu Kemerdekaan RI. Kemerdekaan bukan tanda untuk berhenti berjuang, tapi tanda untuk berjuang dengan lebih keras lagi. Mengikuti Upacara Hari Kemerdekaan RI merupakan salah satu bentuk perjuangan dalam mengapresiasi Ir.Soekarno dalam mendeklarasikan proklamasi sebagai tanda Indonesia telah merdeka. Walau matahari yang terik menusuk dalam pori pori kulit tidak mematahkan semangat kami sebagai peserta Upacara Hari Kemerdekaan Indonesia. Bangsa Indonesia butuh generasi muda yang tidak hanya butuh ucapan, namun juga tindakan. Merdeka! Dirgahayu Republik Indonesia!”





    Tim Liputan : Eka Aulia, Samira Febriani Sakinah
    Penulis : Khusnul Khatimah
    Penyunting : Febri Amalia
    Dokumentasi : Besse Sakina

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728