Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    Asah Peserta Lomba Desain Grafis UPT SMAN 4 Wajo dengan Tantangan Baru Dibabak Final

     


    Pada Jumat, 08 Desember 2023, ketegangan kembali dirasakan oleh peserta lomba desain grafis yang telah lolos menuju babak kedua. Usai terlaksananya babak pertama lomba desain grafis yang bertemakan PORSENI kini dilanjutkan ke babak final yang berlangsung di ruang  Laboratorium Biologi UPT SMAN 4 Wajo. Kegiatan ini dilaksanakan dengan diikuti oleh panitia pelaksana, enam peserta terpilih, dan  3 dewan juri yang ahli dalam bidang desain. 

    Peserta yang lolos merupakan peserta dengan 6 nilai tertinggi pada babak pertama. Mekanisme seleksi babak pertama yaitu dengan menguji peserta pada pembuatan desain spanduk Porseni.  Selisih penyelenggaraan lomba berkisar 1 hari dimana babak pertama diselenggarakan pada hari Rabu, 6 Desember 2023 di Perpustakaan UPT SMAN 4 Wajo. Dalam hal ini proses penilaian yang diterapkan oleh panitia berbeda dengan babak kedua. Nilai-nilai setiap kriteria akan direkap dengan semua format penilaian ketiga juri. Dimana hal ini akan menjadi patokan untuk menentukan 6 peserta yang akan melanjutkan ke babak kedua.

    Adapun rangkaian pelaksanaan kegiatan pada babak kedua dimulai, yaitu peserta akan menghadapi situasi di mana mereka harus menghasilkan desain baru dengan menyesuaikan tema yang diberikan dalam waktu singkat, tepatnya 60 menit. Setelahnya peserta mempresentasikan isi dari desain PORSENI, hal ini karena desain yang akan dipilih untuk dicetak adalah spanduk PORSENI. Presentasi berlangsung smulai pukul 10.40 s.d. 11.30 WITA dalam artian dijalankan selama 08 menit untuk setiap peserta termasuk menjawab pertanyaan dari juri. Selanjutnya juri akan menilai desain tema baru pada pukul 14.00 WITA yang nantinya direkap oleh panitia dengan jumlah nilai presentasi untuk mencari ketiga juara. 

    Tidak hanya sistem dan kriteria penilaian yang berbeda, pada babak kedua tantangan seleksi bagi peserta juga meningkat. Adanya tema baru yang ditentukan tanpa persiapan sebelumnya menjadi tantangan besar bagi peserta. Hal ini bukan sebagai penghalang namun untuk menguji kecekatan dan kreativitas peserta sebagaimana hal ini tanpa persiapan apapun. Selain itu, penilaian pada babak kedua tidak hanya berdasarkan hasil dari desain baru, tetapi juga presentasi dari peserta yang mencakup tiga konsep, yakni konten, presentasi, dan penampilan desain.

    Berikut peserta yang lolos ke babak kedua : 

    1. Ahsanul Husna - XI COLLABORATION:

    Milad Sekolah

    2. Nurul Azisah Tahang - XI COMMUNICATION:

    English Camp

    3. Risa Amelia - XII MIPA KOMUNIKASI:

    Hari Guru Nasional

    4. Muh. Farhamzah - XII IPS KREASI:

    Pendidikan Peserta Didik Berdaulat (PPDB)

    5. Yeyen Archeli - XI CRITICAL THINKING:

    Amaliah Ramadhan

    6. Nurfadillah - XI CRITICAL THINKING:

    Masa Pengenalan Lingkungan Sekolah (MPLS)

    Salah satu peserta, Yeyen Archely menanggapi dengan antusias mengenai persiapannya saat lolos babak kedua “Persiapan saya yaitu berpatokan pada juknis yang mencantumkan bahwa akan ada sesi presentasi desain jadi saya menyiapkan beberapa deskripsi terhadap desain saya.”. Meskipun mengalami beberapa kendala seperti keterlambatan waktu dan masalah jaringan data seluler peserta, semangat kompetisi tetap terjaga. Peserta, juri, dan panitia berkolaborasi dengan baik untuk menjaga kelancaran jalannya lomba.Babak final ini tidak hanya menguji kemampuan desain peserta, namun juga kemampuan mereka dalam menyajikan dan menjelaskan desain yang mereka ciptakan, menjadikan lomba ini sebagai panggung bagi kreativitas serta kemampuan komunikasi visual para peserta.





    1. Tim Liputan : Anita Ramadhani & Aprilya Samidha
    2. Tim Dokumentasi : Rafiah Nur Salsabilah & Dewy Amelya
    3. Tim Penulis : Rina
    4. Penyunting: Nayla Az Zahra

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728