Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    Lomba Cerdas Cermat Pramuka Tingkat Penegak Berlangsung Meriah

     

    Kamis, 7 Desember 2023 - Suasana aula 1 IAI As'adiyah Sengkang dipenuhi semangat dan ketegangan saat Lomba Cerdas Cermat Pramuka tingkat penegak berlangsung. Acara ini tidak hanya menjadi ajang unjuk kebolehan para peserta, tetapi juga merupakan bagian dari perayaan Hari lahir Dewan Racana K.H. Muh. As'ad yang ke-31 tahun dan Khaerunnisai yang ke-30 tahun.

    SMAN 4 Wajo turut serta dalam kegiatan ini dengan mengirimkan dua tim, Tim PA dan Tim PI, yang berkompetisi dengan semangat tinggi. Tim PA yang terdiri dari Ahmad Fatir (XII IPS KOLABORASI), Muh. Yusuf (XI COMMUNICATION), dan Andi Refank (XI CREATIVITY), dengan Tim PI yang ditempati oleh Jummilhan (XII MIPA KOMUNIKASI), Andi Naila Zulayka (XII IPS KREASI), dan Resty Ananda (XI CREATIVITY).

    Dengan tema "Meningkatkan solidaritas dan menjalin silaturahmi dengan semangat Pramuka Indonesia menuju Islamic University of As'adiyah," lomba ini tidak hanya menguji pengetahuan tentang sejarah Pramuka, nilai-nilai, dan lambang-lambangnya, tetapi juga mengajak peserta untuk merenungkan peran Pramuka dalam membangun solidaritas dan persatuan.

    Andi Naila Zulayka, salah satu peserta SMAN 4 Wajo, membagikan momen seru selama lomba, "Selama mengikuti lomba cerdas cermat Pramuka, peserta dapat merasakan momen seru saat bekerja sama dalam menyelesaikan soal-soal yang memerlukan kerjasama tim yang solid."

    Meskipun penuh semangat, peserta dihadapkan pada tantangan besar, terutama dalam persiapan yang intensif. Mengetahui sejarah kepramukaan Indonesia dan dunia, atribut kepramukaan, kode kehormatan pramuka, dan berbagai aspek lainnya menjadi bagian dari persiapan yang memakan waktu.

    Andi Naila Zulayka menyebutkan, "Hal yang paling menantang dalam kompetisi ini adalah menjawab soal-soal yang mencakup berbagai tingkatan kesulitan, mulai dari pertanyaan dasar hingga pertanyaan yang lebih mendalam." Untuk mengatasinya, peserta perlu belajar secara teratur, melibatkan diri dalam latihan soal berkala, dan melatih kemampuan berpikir cepat.

    Salah satu yang membedakan Lomba Cerdas Cermat Pramuka dengan kompetisi serupa lainnya adalah fokusnya pada nilai-nilai sosial, kepemimpinan, kerja sama, dan pengembangan diri yang menjadi landasan Gerakan Pramuka. Peserta tidak hanya diuji pada pengetahuan tetapi juga pemahaman mendalam terhadap konsep kepanduan.

    Sebagai peserta, Andi Naila Zulayka berharap bahwa setelah mengikuti lomba ini, tim Pramuka SMAN 4 Wajo dapat meningkatkan pengetahuan dan pemahaman tentang Gerakan Pramuka serta memperkuat solidaritas dan kerjasama tim.

    Beralih kepada pandangan panitia penyelenggara, Sumange, Ketua Dewan Racana Putra IAI As'adiyah Sengkang, menyampaikan harapannya agar lomba ini memperkuat silaturahmi antar-pangkalan dan memberikan pengalaman mengenal sumber-sumber ilmu kepramukaan. Panitia juga berkomitmen untuk menjaga keamanan peserta dengan pengawalan ketat dan menjamin adilnya penilaian dengan sistem transparan.

    Panitia secara strategis memilih pertanyaan yang mencakup pembaharuan dari sistem Pramuka, menekankan keseimbangan antara pemahaman aturan terbaru dan kecermatan dalam berpikir. Selain itu, panitia menyusun jadwal acara setelah ujian sekolah untuk memastikan kelancaran pelaksanaan lomba.

    Meskipun menghadapi tantangan kekurangan jumlah pangkalan, panitia tetap optimis dan siap menanggapi setiap masalah yang muncul selama penyelenggaraan lomba. Dengan dukungan dari Dewan Juri, mereka berusaha menjadikan Lomba Cerdas Cermat Pramuka sebagai ajang yang sukses dan memberikan dampak positif bagi semua peserta.


    1. Tim Liputan : Khusnul Khatimah
    2. Tim Dokumentasi : Nur Syamsi
    3. Penulis : Khusnul Khatimah

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728