Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    Antusias! Inilah Partisipasi Aktif Siswa UPT SMA Negeri 4 Wajo Dalam Pemilu 2024

    Rabu (14/02/2024), UPT SMA Negeri 4 Wajo mengutus semua siswanya terkhusus kelas X dan XI untuk melakukan kunjungan pada acara Pemilu 2024 di TPS (Tempat Pemungutan Suara) terdekat dari rumah masing-masing yang dilangsungkan pada Rabu dimana hal ini terkait dengan materi P5 Suara Demokrasi. Kunjungan ini dilakukan untuk mengevaluasi siswa atas materi yang telah diterima dari fasilitator sekolah seraya mengamati bagaimana jalannya pemungutan suara dalam Pemilu.

    Salah satu siswa UPT SMA Negeri 4 Wajo, Arif Wijaya, melakukan kunjungan Pemilu di TPS 006 Pakkasalo, Desa Kalosi Alau, Kecamatan Dua Pitue, Kabupaten Sidrap. Hal tersebut ia lakukan sebagai bagian dari tugasnya dan belajar menunjukkan partisipasinya bersama masyarakat dalam menyukseskan Pemilu 2024.


    Selama berada di TPS, Arif mengamati proses pemungutan suara yang meliputi proses verifikasi pemilih yang dilakukan dengan pemberian KTP beserta surat panggilan pemilih sembari menunggu antrian. Setelahnya,  mengambil surat suara yang sudah ditanda tangani oleh ketua KPPS untuk dicoblos, kemudian masuk ke bilik suara terus dilanjutkan dengan memasukkan surat suara yang sudah dicoblos ke kotak suara yang sesuai dengan kode warna masing-masing. 

    Partisipan dalam penyaluran suara di TPS meliputi masyarakat yang sudah berumur minimal 17 tahun ke atas dan memiliki KTP serta sudah terdaftar di DPT (Daftar Pemilih Tetap). 

    Suasana di TPS terasa sangat ramai dan tegang. Meskipun berbeda pilihan, tapi masih memiliki tujuan yang sama. Dari pengamatannya, Arif belajar bahwa setiap individu memiliki kebebasan untuk memilih tanpa tekanan dari pihak lain, kecuali jika ada intervensi dari calon legislatif dengan menggunakan uang atau suapan dalam bentuk lain.

    Hal yang menarik dan berkesan bagi Arif selama mengamati pemilu adalah partisipasi aktif masyarakat dalam proses Pemilu untuk memilih pemimpin terbaik.


    1. Narasumber: Arif Wijaya
    2. Tim liputan: Nur Fitri Ibnu & Vianka Destia
    3. Penulis: Fifi Angraeni
    4. Penyunting: Nurwindah

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728