Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    Persiapan ke Fase Berikutnya, Peserta Didik Kelas X Ikuti Pemilihan Mata Pelajaran Jurusan

    SMAN 4 Wajo - Rabu, 15 Mei 2024, tepatnya di Aula Cemara dipenuhi dengan antusiasme peserta didik yang berpartisipasi dalam kegiatan pemilihan mata pelajaran. Kegiatan ini merupakan salah satu langkah penting untuk beralih ke fase berikutnya bagi peserta didik kelas X, serta sebagai upaya dalam menyesuaikan pendidikan dengan minat, bakat, dan tujuan karir peserta didik.

    Pelaksanaan kegiatan ini bertujuan untuk mewadahi peserta didik dalam menentukan arah pendidikan mereka. Dengan ini, peserta didik SMAN 4 Wajo dapat membuat keputusan yang pastinya akan berpengaruh pada masa depan akademik mereka. Nurafifah,salah seorang siswi yang turut serta menuturkan, "tujuan sebenarnya dari kegiatan ini adalah untuk menentukan masa depan kami, memberikan kami kesempatan untuk membuat keputusan yang berpengaruh pada pendidikan kami sendiri." 

    Selama kegiatan berlangsung, peserta didik diberikan link untuk mengisi formulir yang sesuai dengan bakat dan minat mereka. "Siswa dikelompokkan ke dalam kelas yang sesuai dengan minat dan bakat mereka berdasarkan hasil pengisian formulir tersebut," ujar seorang panitia penyelenggara. Pengisian peminatan mata pelajaran ini menjadi penentu kelas nantinya, karena pengelompokan peserta didik dilakukan berdasarkan hasil peminatan tersebut. 

    "Dengan begitu, kami bisa belajar di lingkungan yang sesuai dengan minat kami, sehingga dapat lebih fokus dan berprestasi," tambah Nurafifah. Tidak hanya itu, peserta didik juga diminta untuk berkonsultasi dengan orang tua maupun guru sebelum menentukan pilihan mata pelajaran mereka. "Iya, saya meminta saran dari orang tua dan guru terlebih dahulu tentang bagaimana seharusnya yang saya pilih untuk ke depannya," jelas Nurafifah. 

    "Saya memiliki tujuan akademik tertentu, yaitu persiapan untuk karir atau pendidikan lanjutan, penyelesaian program pendidikan, dan penguasaan materi pelajaran," ujarnya kembali. 

    Dengan kegiatan ini, diharapkan para peserta didik SMAN 4 Wajo dapat lebih termotivasi dan terarah dalam mencapai cita-cita mereka. Proses pemilihan mata pelajaran yang partisipatif dan terstruktur seperti ini, menjadi langkah awal dalam mempersiapkan generasi muda yang berkompeten dan siap menghadapi tantangan masa depan.








    Narasumber: Nurafifah

    Tim liputan: Nur Fitri Ibnu & Vianka Destia

    Penulis: Fifi Angraeni

    Penyunting: Nurwindah S

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728