Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    Pilketos Serentak 2019, Ini Komentar Wakasek Kurikulum SMAN 4 Wajo


    Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan akan menggelar pemilihan Ketua Organisasi Siswa Intra Sekolah (OSIS) SMA dan SMK secara serentak se-Sulawesi Selatan.

    Kepala Dinas Pendidikan Sulsel, Irman Yasin Limpo mengatakan pemilihan Ketua OSIS ini menjadi ajang pesta demokrasi bagi siswa di lingkungan sekolah. Nantinya masa periode pengurus OSIS masing-masing sekolah akan diseragamkan.

    Bahkan pemilihan ketua OSIS nantinya akan dipilih melalui aplikasi bukan lagi secara manual. Mekanisme penentuan ketua OSIS mirip pemilihan kepala daerah dengan sistem jadwal pendaftaran calon, kampanye hingga pada pemilihan serentak.

    “Nanti menggunakan aplikasi, kita lagi susun yang berbasis android atau lewat laboratorium komputer. Untuk alokasi anggarannya dari dana sekolah,” jelas Irman.

    Sistem ini menurutnya yang pertama dilakukan untuk siswa se-Indonesia, sehingga inovasi ini menjadi percontohan yang baik dalam sistem pemilihan Ketua OSIS.

    “Ini kan sistemnya pembinaan, jadi misalnya kalau dibeberapa sekolah sudah ada Ketua OSISnya kita gunakan sistem pemilihan ulang lagi melalui aplikasi,” tambah None sapaan akrab Kepala Dinas Pendidikan.

    Tak hanya itu, Disdik Sulsel sedang mengusulkan agar Surat Keputusan (SK) dan pelantikan ketua OSIS dilakukan oleh Gubernur Sulsel. Hal ini akan menjadi sebuah kebanggaan tersendiri bagi ketua OSIS yang terpilih.


    “Ini juga sudah direncanakan oleh Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. Kita berharap mereka yang jadi Ketua OSIS punya jalur tersendiri saat mendaftar di perguruan tinggi nantinya,” tutup None

    Sementara itu, Wakasek Kurikulum SMAN 4 Wajo, Yasser Arafat dalam akun facebooknya menuturkan bahwa, pelaksanaan Pemilihan Ketua OSIS dengan sistem e-voting dan mengadopsi sistem pilkada bukanlah barang baru di sekolah berjuluk Kampus Cemara tersebut. Hal tersebut dibuktikan karena pada tahun 2018 yang lalu di SMAN 4 Wajo sudah melaksanakan sistem tersebut. 

    Berikut penuturan Yasser yang dikutip dari akun facebooknya dan diedit sesuai keperluan redaksi:

    Terkait dengan Pilketos Serentak 2019. Entah, apakah secara kebetulan atau tidak. 19 September 2018 yang lalu Pilketos SMAN 4 Wajo dilaksanakan secara e-voting. 

    Melalui Program Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, pada tanggal 19 September 2019 mendatang juga akan dilaksanakan pilketos serentak se-SulSel secara e-voting dengan tahapan yang mirip dengan yang sudah kami lakukan tahun lalu. 

    Dengan demikian, masa kerja Pengurus OSIS di Kampus Cemara, tidak lebih dan tidak kurang. Proses yang akan dilaksanakan tahun ini berdasarkan juknis juga hampir sama dengan yang telah dilakukan tahun lalu.

    Boleh dibaca beritanya di link berikut: Klik disini (Pare Pos)

    Ketua OSIS Bebas Tes??? Boleh dibaca berita di link berikut: Klik disini (Tribun Timur)

    Terkait dengan kepedulian terhadap pembelajaran demokrasi, juga bisa dibaca beritanya di link berikut: Klik disini (Tribun Timur)



    Fakta Berbicara. Terima kasih sudah meluangkan waktu untuk membaca berita tersebut. 

    Beberapa dokumentasi dari pelaksanaan Pilketos tahun 2018 di SMAN 4 Wajo:

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728