Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    Deklarasi Pelajar Andalan Menggunakan 3 Bahasa di SMAN 4 Wajo

    Deklarasi Pelajar Andalan Sulawesi Selatan ialah deklarasi yang berisikan pernyataan untuk menolak segala bentuk kekerasan di sekolah. 

    Di UPT SMAN 4 Wajo, pembacaan deklarasi ini sudah dilakukan sejak Bulan Agustus 2022. Deklarasi ini dibacakan pada upacara bendera Hari Senin, yang dipimpin oleh satu siswa/i yang bertugas menjadi pelaksana upacara bendera. 

    Namun, di Bulan September 2022, dikarenakan sekolah yang sedang dalam kondisi khusus, mengharuskan pembacaan deklarasi ini dibacakan di kelas masing-masing. Pada Hari Senin, deklarasi dibacakan dengan menggunakan Bahasa Inggris. Kemudian pada Hari Rabu, dibacakan dengan menggunakan Bahasa Bugis. Dan di Hari Jum'at dibacakan dengan menggunakan Bahasa Arab. 


    Kegiatan pembacaan deklarasi ini diikuti oleh seluruh siswa/i di UPT SMAN 4 Wajo. Seperti halnya saat upacara bendera, deklarasi ini dibacakan dengan satu orang perwakilan kelas yang memimpin, kemudian diikuti oleh siswa/i lainnya. Bukan hanya siswa/i yang berperan dalam hal ini, tenaga pendidik di UPT SMAN 4 Wajo juga ikut andil dalam hal ini yaitu dengan memberikan arahan agar pembacaan Deklarasi Pelajar Andalan Sulawesi Selatan ini tetap terlaksana dengan konsisten. 

    Diharapkan dengan adanya kegiatan pembacaan deklarasi ini, turut memberikan dampak positif bagi siswa/i di UPT SMAN 4 Wajo. Dampak positif yang diharapkan seperti, siswa/i bisa dengan bangga terhadap diri sendiri dengan kemampuan masing-masing dan terus mengingat apa yang telah dideklarasikannya itu. Sehingga, dapat menjadi tameng untuk berbuat yang menyalahi deklarasi tersebut.


    Adapun deklarasi tersebut berisi :

    KAMI PELAJAR ANDALAN SULAWESI SELATAN MENYATAKAN DENGAN SUNGGUH SUNGGUH :

    • MENOLAK SEGALA BENTUK KEKERASAN/BULLIYING DAN TAWURAN DI MANAPUN BERADA.

    • MENOLAK SEGALA BENTUK RADIKALISME.

    • MENOLAK SEGALA BENTUK PENYALAHGUNAAN NARKOBA DAN ZAT ADIKTIF LAINNYA.



    1. Tim liputan : Oktaviana Arif dan Nursyamsi G
    2. Penulis : Nurfadillah 
    3. Penyunting : Samira Febriani Sakinah
    4. Dokumentasi : Nayla Azzahra

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728