Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    Salurkan Bantuan, SMAN 4 Wajo Datangi 3 Posko Pengungsian Banjir di Pesisir Danau Tempe

     Bencana banjir kembali melanda Kabupaten Wajo mulai (24/12/2022) hingga sekarang (14/1/2023). Masyarakat setempat, khususnya di pesisir Danau Tempe hingga kini juga turut masih melakukan pengungsian.

    Menurut Muhammad Rijal, Relawan PMI Kabupaten Wajo, Tahun ini terdapat 5 kecamatan dan 34 desa/kelurahan yang terdampak banjir di Kabupaten Wajo. "Lokasi terkena musibah banjir tahun ini ada 5 kecamatan dan 34 desa/kelurahan," ungkapnya.

    Bencana banjir di Kabupaten Wajo merupakan bencana tahunan dan rawan melanda masyarakat yang berada di pesisir danau tempe.

    “Musibah banjir di Kabupaten Wajo dapat dikatakan sebagai bencana tahunan yang terjadi setiap tahun karena curah hujan dari kabupaten tetangga itu deras, jadi airnya menampung di danau tempe sehingga daerah yang berada di pesisir danau tempe itu  terkena  bencana banjir,” ujar Muhammad Rijal, Sabtu (14/01/2022)

    Lantaran banjir masih merendam beberapa rumah masyarakat, masyarakat melakukan pengungsian di 6 pos lokasi pengungsian yang telah disediakan.

    1. Pos 1 Masjid al Wahyu sebanyak 16 KK 
    2. Pos 2 Tenda BPDB sebanyak 22 KK 
    3. Pos 3 TPA Masjid al Muminun sebanyak 10 KK 
    4. Pos 4 SKB di Jalan Lembu sebanyak 5 KK 
    5. Pos 5  Jalan Beruang 19 KK 
    6. Pos 6 Jalan Presiden 7 KK

    Beberapa daerah yang warganya melakukan pengungsian mandiri :

    1. Kelurahan Tempe
    2. Desa Salotengga 
    3. Kecamatan Sabbangparu

    Dengan rasa kepedulian dan wujud nyata dari kasih, UPT SMA Negeri 4 Wajo memberikan bantuan kepada masyarakat yang terdampak banjir. Bantuan tersebut berasal dari seluruh siswa UPT SMA Negeri 4 Wajo dan Koperasi Siswa yang dikumpulkan oleh OSIS dan Ekstrakurikuler. Pembina Ekstrakurikuler, Ketua OSIS, Ketua PMR Cemara, dan Jurnalis UPT SMA Negeri 4 Wajo, terjun ke dalam masyarakat membagikan bantuan dari UPT SMA Negeri 4 Wajo  dipandu oleh 3 relawan PMI Kabupaten Wajo yaitu Muhammad Rijal, Muhammad Syuryawansyah dan Muhammad Asbih al Farid.

    UPT SMA Negeri 4 Wajo mendatangi 3 pos pengungsian yaitu, TPA Masjid al Muminun,  Tenda BPDB, dan SKB di Jalan Lembu. Banyak keluh kesah masyarakat yang melakukan pengungsian termasuk Besse Suhaini (39) pengungsi Pos SKB Jalan Lembu. "Banyak suka duka selama berada di posko pengungsian, kalau sukanya alhamdulillah selalu dapat perhatian dari pemerintah. Kalau dukanya disini yaitu anak-anak sering mengeluh  panas badannya dan banyak sekali kendala lainnya. Tetapi alhamdulillah pemerintah banyak sekali  perhatiannya maupun dari mahasiswa-mahasiswa, dan anak-anak sekolah yang memberikan perhatian," ujarnya




    Penulis : Ahsanul Husna

    Penyunting :Besse Sakina

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728