Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    136 Judul Penelitian Siap Dipresentasikan pada USB Tahun 2023 di SMAN 4 Wajo

     Ujian Sekolah Berdiferensiasi (USB) kembali dilaksanakan di UPT SMA Negeri 4 Wajo pada tanggal 27 s.d. 30  Maret 2023 dan merupakan tahun ketiga diadakannya kegiatan USB. Tempat pelaksanaan kegiatan ini yakni di ruang kelas UPT SMA Negeri 4 Wajo, ada 20 ruangan yang digunakan diantaranya; 17 ruang kelas, laboratorium biologi, laboratorium fisika, dan  Aula Cemara. Pada USB tahun ketiga ini ada 136 penelitian dari 2 jurusan (IPA dan IPS) siap untuk dipresentasikan oleh peserta didik kelas XII UPT SMA Negeri 4 Wajo.

     

    Senin (27/03/2023), merupakan hari pertama diadakannya Ujian Sekolah Berdiferensiasi (USB). Pelaksanaan USB ini dibagi menjadi 2 sesi, Sesi I pukul 08.30 s.d. 09.30 WITA. Sesi II pukul 10.00 s.d 11.00 WITA. 

    Ujian Sekolah Berdiferensiasi sendiri merupakan bentuk ujian akhir bagi kelas XII yang dikhususkan untuk dimodifikasi dari pelaksanaan ujian sekolah sebelumnya. Seperti yang diungkapkan Yasser Arafat. S.Pd. selaku Wakasek Kurikulum di UPT SMA Negeri 4 Wajo terkait arti atau makna dari USB, "Pada dasarnya, Ujian Sekolah Berdiferensiasi sama saja dengan Ujian Sekolah di sekolah lain. Hanya bentuknya saja berbeda, karena kita lebih menggiati bagaimana membawa peserta didik sesuai dengan apa yang mereka minati."

    Adapun perbedaan antara Ujian Sekolah pada umumnya dengan Ujian Sekolah Berdiferensiasi (USB) yaitu secara kasat mata atau secara fisik sudah bisa diamati perbedaan antara USB dengan ujian sekolah pada umumnya yakni, ujian sekolah pada umumnya berupa ujian teks yang berisi pilihan ganda, essay, dan sebagainya. Sedangkan untuk USB, dijelaskan oleh Yasser Arafat. S.Pd. pada USB soal berupa teks tersebut dihilangkan, namun siswa/i kelas XII dibebaskan untuk memilih konsep yang akan diterapkan pada karyanya,  "Meskipun ada patokan, ada karya tulis ilmiah tapi judulnya terserah dari peserta didik mau pilih yang mana. Kemudian produk mata pelajaran yang kemudian di produk mata pelajaran itu terserah dari mereka mau pilih apa, apakah dalam bentuk video pembelajaran, animasi, atau buku, apapun itu sesuai dengan bakat yang diminatinya."

    Sudah dari jauh-jauh hari, siswa/i kelas XII melakukan persiapan untuk mengikuti Ujian Sekolah Berdiferensiasi. Adapun persiapan yang mereka lakukan adalah mempersiapkan diri dengan giat belajar, memahami dengan baik Karya Tulis Ilmiah yang telah mereka buat, membuat power point sebagai bahan presentasi, serta berlatih presentasi.

    Dilansir dari wawancara dengan narasumber yang merupakan siswa kelas XII sendiri, persiapan membuat Karya Tulis Ilmiah ( KTI ) telah dilaksanakan selama kurang lebih sebulan, sedangkan persiapan untuk ujian atau presentasinya, siswa/i mendapat waktu atau kesempatan selama kurang lebih sepekan.

    Harapan pun juga turut disampaikan oleh Yasser Arafat, S.Pd. selaku Wakasek Kurikulum UPT SMA Negeri 4 Wajo terkait pelaksanaan Ujian Sekolah Berdiferensiasi (USB) , "Saya berharap kelas XII yang mengikuti USB ini sesuai dengan regulasi-regulasi yang ada dan tentunya tidak berhenti sampai di sini karena salah satu tujuan kita melaksanakan USB yakni,  memberikan bekal kepada mereka ketika mereka nantinya lanjut ke Perguruan Tinggi. Sehingga dengan pelaksanaan USB ini, mereka sudah punya bayangan seperti inilah kita melakukan presentasi, seperti inilah ketika kita membuat karya tulis." ungkap Yasser Arafat,S.Pd. pada akhir sesi wawancara.




    1. Tim liputan : Eka Aulia dan Nursyamsi
    2. Penulis : Andi Naila Zulayka
    3. Dokumentasi : Rahmatullah

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728