Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    UPT SMAN 4 Wajo Laksanakan Simulasi Menjelang OSN 2023 yang Akan Datang

    Pada Kamis, 30 Maret 2023 pukul 09.00 s.d. 12.00 WITA dilaksanakan kegiatan Simulasi Olimpiade Sains Nasional 2023 bertempat di laboratorium komputer UPT SMA Negeri 4 Wajo.

    Simulasi OSN dilaksanakan dikarenakan sudah dijadwalkan dari pusat. Narasumber, yaitu Muhammad Badruddin Sulaeman, S.Pd. mengungkapkan bahwa simulasi pada dasarnya bertujuan untuk memberi pengenalan pada peserta bagaimana menggunakan aplikasi untuk berkompetisi. Selain itu, guna untuk mengetes kesediaan sarana yang ada di sekolah dan akan ditindaklanjuti sesuai hasil simulasi.

    Hal-hal yang dipersiapkan untuk mengikuti simulasi OSN tidak lain adalah sarana berupa komputer, server, software berupa aplikasi exam browser, dan lain-lain. Bentuk atau konsep simulasinya berbasis komputer dengan memunculkan soal-soal tahun-tahun sebelumnya yang memuat pilihan ganda dan essay.

    Untuk simulasi, yang mengawasi para peserta hanya proctor dan teknisi, yakni Muhammad Baddruddin Sulaeman, S.Pd. selaku proctor, Bahtiar, S.Pd. dan Jumriadi Hasyim selaku teknisi. Adapun nanti di hari pelaksanaan OSN pembina terbagi menjadi panitia, ketua, proctor dan teknisi. Untuk pengawas pada OSN berasal dari sekolah lain, begitupun sebaliknya dengan pembina UPT SMA Negeri 4 Wajo yang menjadi pembina akan mengawas di sekolah lain.

    Di UPT SMA Negeri 4 Wajo ada 9 mata pelajaran yang diolimpiadekan. Adapun 9 mata pelajaran tersebut antara lain Matematika, Fisika, Kimia, Astronomi, Informatika, Kebumian, Geografi, Ekonomi, dan Biologi. Pada satu mata pelajaran ada 5 siswa yang diikutsertakan. Maka, jumlah keseluruhan peserta yang mengikuti OSN adalah 45 siswa. Namun, pada simulasi kali ini hanya diikuti oleh 41 siswa, sedangkan 4 siswa lainnya tidak sempat hadir dikarenakan kesehatan yang terganggu. Dari 41 siswa yang ikut serta dalam simulasi, pembina membaginya kedalam 2 sesi. Hal ini dikarenakan fasilitas komputer yang digunakan terbatas. Namun, sebenarnya di UPT SMA Negeri 4 Wajo termasuk sekolah yang cukup memadai dalam hal jumlah komputer, tapi proctor hanya memilih 1 ruangan saja untuk digunaka. Sebab, pada saat pelaksanaan OSN peserta tetap dibagi persesi sesuai jadwal yang diluncurkan dari nasional.


    Adapun harapan bapak Muhammad Badruddin Sulaeman, S.Pd. agar nantinya kendala-kendala yang dihadapi saat simulasi OSN tidak terulang terjadi pada pelaksaan OSN. "Mudah-mudahan pada pelaksanaan OSN tidak terjadi hal seperti ini. Jadi, bukan lama berpikirnya, tapi hanya lama menunggunya," ujarnya pada akhir wawancara.





    1. Dokumentasi : M. Adil
    2. Tim Liputan : Nur Syamsi dan Eka Aulia
    3. Penulis : Khusnul Khatimah
    4. Penyunting : Nadhiya Ulhaq Salsabila

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728