Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    Tahun Ketiga Melaksanakan Ujian Sekolah Berdiferensiasi, SMAN 4 Wajo Hadirkan Terobosan Baru

    UPT SMA Negeri 4 Wajo kembali melaksanakan Ujian Sekolah Berdeferensiasi (USB), dan tahun ini merupakan tahun ketiga diadakannya kegiatan USB. Tempat pelaksanaan kegiatan ini di sekolah sendiri, yakin di UPT SMA Negeri 4 Wajo. Pelaksanaan Ujian Sekolah Berdeferensiasi ini direncanakan dilaksanakan pada pertengahan atau akhir bulan Maret.

    Pembimbingan USB Karya Tulis Ilmiah perlu dilaksanakan karena dalam pembimbingan, konsepnya ialah sebagai wadah untuk konsultasi tentang judul, topik penelitiannya seperti apa, serta bagaimana sistematika penyusunan karya ilmiah tersebut. "Dikarenakan masih ada dari mereka (siswa-siswi) masih belum terlalu mahir membuat karya ilmiah bahkan ada yang hari ini baru mengenal karya ilmiah, sehingga disitulah dibutuhkan peran seorang pembimbing," tutur Annisa Eka Handayani, S.Pd selaku pembina di UPT SMAN 4 Wajo.

    Adapun sistem USB yang akan dilaksanakn yaitu, masing-masing siswa memiliki jadwal ujiannya dan masuk ke ruangan satu persatu untuk mempresentasikan karya ilmiahnya. Dan di dalam ruangan ujian hanya ada penguji, pembimbing, dan siswa yang mempresentasikan karya ilmiahnya.


    Jika tahun kemarin mengusung tema karangan bebas berdasarkan pengalamannya selama bersekolah di UPT SMAN 4 Wajo, berkaitan dengan "Aku dengan sekolahku, aku dengan guruku, dan aku dengan temanku". Sedangkan tahun ini berbeda, karena USB kali ini siswa ditugaskan untuk membuat Karya Tulis Ilmiah (KTI). Dan siswa-siswi sendiri dibebaskan untuk memilih jenis penelitiannya selama sesuai dengan jurusannya, seperti Jurusan IPA, maka karya tulisnya harus berkaitan dengan IPA, begitupun dengan yang Jurusan IPS. "Jadi peserta didik itu melaksanakan penelitian kemudian membuat karya tulis ilmiahnya, setelah itu akan diujikan atau dipresentasikan di depan penguji, kurang lebih sistemnya mirip dengan ketika mahasiswa melaksanakan seminar sebagai syarat lulus di Perguruan Tinggi" ungkap Annisa Eka Handayani, S.Pd selaku salah satu guru pembimbing pada USB Karya Tulis Ilmiah tahun ini.


    Adapun pembimbing USB pada tahun ini yakni guru-guru UPT SMAN 4 Wajo sendiri dengan jumlah kurang lebih 20 orang. Dimana setiap guru pembimbing akan membimbing 6 sampai 7 orang. Proses pembimbingan hingga hari ini sudah berjalan kurang lebih 2 pekan. 


    "Bobot untuk USB ini adalah 50% untuk karya ilmiah, 30% dari nilai rapor, lalu sebesar 15% dari proyek mata pelajaran, dan prestasi berbentuk sertifikat sebanyak 5%," tambah Annisa Eka Handayani, S.Pd pada akhir sesi wawancara. 



    1. Tim liputan : Eka Aulia dan Nur Syamsi

    2. Penulis : Khusnul Khatimah

    3. Penyunting : Putri Rindiani Angka

    4. Dokumentasi : Afdal

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728