Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    UPT SMAN 4 Wajo Mengadakan Lomba Kearifan Lokal P5

     Pada hari Jum'at, 10 Maret 2023 UPT SMAN 4 Wajo mengadakan perlombaan P5 (Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila) yang bertemakan "Kearifan Lokal". Perlombaan ini diadakan di lapangan UPT SMAN 4 Wajo. Perlombaan ini dimulai pukul 15.00 WITA hingga selesai. Perlombaan ini diikuti oleh seluruh kelas X yang telah dipilih untuk mewakili kelas masing-masing.

    Adapun deretan lomba-lomba yang dilaksanakan, diantaranya:

    1. Lompat tali dari kelompok X Creativity
    2. Makkadendeng dari kelompok X Creativity
    3. Macukke dari kelompok X Character

    Yang menjadi panitia pelaksana dan juri dalam perlombaan ini yakni kelompok yang memilih dan memperkenalkan permainan tersebut. Sesuai dengan perlombaan yang sedang dimainkan, maka setiap panitia diwajibkan membawa peralatan berupa :

    1. Panitia lompat tali membawa karet.
    2. Panitia maccukke membawa 2 buah kayu.
    3. Panitia makkadendeng membawa kapur.

    Sebelum memulai setiap perlombaan, para panitia lomba akan menjelaskan beberapa rundown permainannya, agar permainan berjalan dengan lancar tanpa ada hambatan. Setelah panitia menjelaskan rundownnya, maka permainan pun dimulai dengan sistem eliminasi.  Peserta yang poinnya banyak akan lanjut ke babak berikutnya, dan peserta yang memiliki poin sedikit, tentunya akan tereliminasi.


    Kegiatan lomba P5 kearifan lokal ini berlangsung dengan sangat baik, lancar, dan seru. 


    "Perasaan saya mengikuti lomba ini sangat mendebarkan, karena baru kali pertama saya melakukan lomba dengan menggunakan permainan tradisional yang awal vibesnya itu hanya bersenang-senang, tetapi saat itu malah membuat saya grogi," ucap salah satu peserta.

    Kegiatan kearifan lokal ini tentu sangat penting, karena permainan tradisional harus dilestarikan agar tidak dilupakan oleh generasi sekarang.

    "Supaya peserta didik nyaman dan senang. Flashback ke permainan tradisional bukan cuman gadget saja yang selalu dimainkan karena ini lebih menyenangkan dibanding gadget. Bisa memanfaatkan waktu luang karena kita bisa bertemu langsung tidak seperti game online dan sebagainya," ucap gurunda Bu kasturi, S.Pd., M.Pd. dan Bu Ramlah S.Pd., M.Pd. selaku pembina P5.

    Kegiatan P5 ini dilaksanakan bukan semata hanya untuk bersenang-senang saja tentunya permainan tradisional ini termasuk proyek P5 kearifan lokal. Jadi, tema permainan tradisional ini diangkat sebab, untuk melestarikan permainan tradisional yang ada disekitar kita.

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728