Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    SMAN 4 Wajo Kembali Gelar Pesantren Kilat di Bulan Ramadhan

    Senin, 3 April 2023 di Mushollah UPT SMA Negeri 4 Wajo dilaksanakan kegiatan Pembukaan Pesantren Kilat dengan tema kegiatan PENGEMBANGAN ROHIS: "Membangun Kekuatan Aqidah, Menetapkan Ibadah untuk Meningkatkan Iman Serta Taqwa Kepada Allah SWT." dan AMALIA RAMADHAN : "Membentuk Pribadi Mulia dengan Memaksimalkan Ibadah di Bulan Suci Ramadhan".

    Secara garis besar, pesantren kilat bisa diartikan sebagai kegiatan menuntut ilmu agama seperti halnya santri di pondok pesantren, namun pesantren kilat dilaksanakan secara singkat.

    Pesantren kilat dilaksanakan setiap bulan Ramadhan oleh sekolah-sekolah tingkat SD, SMP, dan SMA. Hal ini sebagai sarana untuk mengembangkan ilmu pengetahuan terkait agama serta menguatkan iman dan taqwa siswa/i di bulan Ramadhan.

    Pembukaan hari pertama pesantren kilat dihadiri oleh siswa/i kelas 10 dan kelas 11 beserta guru-guru pembina UPT SMA Negeri 4 Wajo.

    Pertama-tama dilaksanakan pembukaan di musholla UPT SMA Negeri 4 Wajo pada pukul 08.00-09.00 WITA, adapun susunan acaranya sebagai berikut:

    1. Pembacaan Ayat suci Al-Qur'an oleh Syahrah

    2. Laporan pengembangan kompetensi ROHIS dan Amalia Ramadhan yang dibacakan oleh Salma Maharani

    3. Sambutan sekaligus pembukaan oleh Kepala UPT SMA Negeri 4 Wajo yakni Baso Passamula, S.Pd., M.si.

    4. Pembacaan do'a oleh Sitti Nurul Khafifah.

    Selanjutnya, siswa/i diarahkan ke ruang kelas masing-masing untuk praktik mengaji pada pukul 09.00-11.00 WITA.

    Setelah itu, siswa/i kembali ke musholla untuk diberi materi terkait shalat dan tata caranya beserta wudhu dan tata caranya oleh Panangiang, S.Ag. yang merupakan pembina di UPT SMA Negeri 4 Wajo, kemudian tiba waktunya shalat dhuhur, siswa/i UPT SMA Negeri 4 Wajo shalat berjamaah. Acara terakhir yakni lomba Tadarrus, Adzan, dan Hifdzil yang diikuti oleh kelas 10 dan kelas 11 yang mana masing-masing satu perwakilan kelas yang diutus tiap lomba pada pukul 13.00 WITA sampai selesai.

    Pada sambutan, Kepala UPT SMA Negeri 4 Wajo menyampaikan hal-hal mengenai pengembangan shalat. "Dikhawatirkan jangan sampai kita melaksanakan shalat tapi ternyata banyak rukun-rukunnya yang tidak benar." ujar beliau. Beliau juga menghimbau terkait pengetahuan tentang materi pengurusan jenazah yang dapat dikembangkan pada kegiatan pesantren kilat yang akan berlangsung selama 4 hari, serta peluang bagi siswa/i untuk belajar mengaji sebagaimana program dari Gubernur Sulawesi Selatan.

    Pembukaan di hari pertama berlangsung pada hari Senin, 03 April 2023. Kegiatan dilaksanakan di musholla, adapun praktek mengaji dilangsungkan di dalam ruang kelas masing-masing.





    1. Tim liputan : Eka Aulia dan Nur Syamsi 
    2. Penulis : Khusnul Khatimah
    3. Penyunting : Andi Hudaiyah dan Nur Ainung 
    4. Dokumentasi : Rahmatullah, M. Adil, dan M.Sahib Afdal

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728