Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    Gunakan Aplikasi Baru, SMAN 4 Wajo Laksanakan PAT

     Senin, 29 Mei 2023 dilaksanakan Penilaian Akhir Tahun di UPT SMA Negeri 4 Wajo untuk tahun ajaran 2022/2023 dengan inovasi-inovasi terbaru.

    Penilaian Akhir Tahun dilaksanakan pekan ini mulai hari Senin, 29 Mei 2023 s.d. 31 Mei 2023 dan akan dilanjutkan pada 05 Juni 2023 s.d. 06 Juni 2023. Hal ini dikarenakan pada Kamis, 01 Juni 2023 merupakan hari libur nasional Hari Kelahiran Pancasila dan di hari berikutnya adalah cuti bersama Hari Raya Waisak. Kegiatan ini dilaksanakan di UPT SMA Negeri 4 Wajo, di ruang kelas masing-masing.

    Selama pekan persiapan Penilaian Akhir Tahun, panitia tentunya memiliki beberapa tantangan dalam persiapannya. Salah satunya, Gunawan Nyompa, S.Pd. selaku sekretaris panitia Penilaian Akhir Tahun menjelaskan hal-hal yang menjadi tantangan pada persiapan Penilaian Akhir Tahun.

    "Karena aplikasi yang digunakan baru yang berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya, maka perlu sosialisasi baik kepada pembina maupun kepada peserta didik. Sosialisasi kepada pembina dengan melaksanakan workshop untuk memperkenalkan proses kerja aplikasi sehingga setiap guru mata pelajaran dapat menginput sendiri soal ujiannya kedalam aplikasi. Sementara kepada peserta didik di beri petunjuk cara mengikuti ujian disamping itu dilaksanakan simulasi ujian kepada peserta didik."


    "Inovasi yang dilakukan pada ujian sekolah saat ini PAT atau Assessment Summative adalah menggunakan suatu sistem ujian yg dikenal dengan sistem CBT (Computer Based Tes) yg mana sistem ini yg biasa digunakan dalam tes penerimaan ASN, tes penerimaan mahasiswa baru, uji kompetensi guru, Olimpiade Sains Nasional dan lainnya." Ungkap Gunawan Nyompa, S.Pd.

    Berdasarkan penuturan Gunawan Nyompa, S.Pd., yang menjadi keunggulan dari metode Penilaian Akhir Tahun kali ini di antaranya adalah:

    1. Merupakan sistem ujian yang mudah digunakan oleh peserta ujian.

    2. Mempunyai sistem security yang bagus sehingga bisa meminimalisir kecurangan-kecurangan pada saat ujian. Adanya fitur exambrowser android yg mencegah membuka halaman baru sehingga peserta ujian tidak dapat mencari jawaban lain karena layar ujiannya terkunci.

    3. Peserta didik dapat melihat secara langsung hasil ujian setelah selesai mengerjakan ujian, begitu pun dengan guru dapat memantau peserta ujian dan juga dapat melihat langsung nilai ujian.

    4. Di Sistem ini juga terdapat waktu ujian, peserta ujian dapat mengontrol waktu untuk menjawab pertanyaan atau soal ujian.

    6. Merupakan sistem ujian yang selalu digunakan oleh pemerintah ataupun swasta dalam melaksanakan tes seleksi.


    Sebagai penutup wawancara, Gunawan Nyompa, S.Pd. mengungkapkan sebuah harapan terkait jalannya PAT tahun ajaran 2022/2023 ini.

    "Harapannya ujian Penilaian Akhir Tahun atau Assessment Summative dapat berjalan dengan lancar sampai akhir pelaksanaan ujian.

    Semoga dengan penggunaan aplikasi ujian CBT di SMA Negeri 4 Wajo warga sekolah baik dari pembina maupun peserta didiknya senantiasa selalu mengikuti perkembangan teknologi baik dalam proses pembelajaran maupun pada pelaksanaan penilaian sekolah."


    Berhubung hari ini adalah hari pertama PAT, tim liputan mewawancara seorang narasumber yang merupakan peserta didik. Hal pertama yang menjadi pertanyaan pertama yang diajukan adalah terkait persiapan yang dilakukan pula oleh peserta didik.

    "Untuk menghadapi ujian PAT ini tentunya yang pertama saya siapkan itu ialah niat. Niat yang di barengi dengan belajar maka akan menghasilkan sebuah nilai yang memuaskan bagi kita. Kemudian belajar dengan tekun merupakan aspek paling penting dalam menghadapi PAT ini," ungkapnya.


    Ahsanul Husna, salah satu peserta didik yang menjadi narasumber, mengatakan bahwa,

    "Jujur saya merasa biasa saja tetapi dilain sisi saya juga takut nilai hasil PAT saya tidak sesuai ekspektasi. Proses pengerjaan PAT dimulai dengan pengecekan atribut oleh ibu/bapak pengawas, lalu pemberian kode ujian oleh bapak/ibu pengawas, kemudian, terakhir kita diberi waktu 1 jam untuk mengerjakan soal PAT. Dimulai dengan mata pelajaran Matematika, Bahasa Indonesia. Setelah istirahat dilanjutkan dengan mata pelajaran Pendidikan Agama, lalu mata pelajaran terakhir yaitu Informatika bagi kelas 10." jelasnya.


    Adapun sedikit kendala yang dialami selama PAT berlangsung "Pada hari pertama PAT, saat saya sedang mengerjakan ujian mata pelajaran Pendidikan Agama tiba-tiba layar saya keluar ke mode home. Beruntung hasil pekerjaan saya tidak ikut tereset."


    Adapun tanggapannya selaku partisipan pada PAT yaitu:

    "Dengan memanfaatkan aplikasi digital untuk melakukan PAT ini sangat genius. Kita harus mengikuti zaman seiring berjalannya tekonologi. Ini merupakan perkembangan dan pemanfaatan teknologi yang sangat luar biasa bagi Gen Z melaksanakan PAT menggunakan aplikasi digital."


    Di akhir sesi wawancara, Ahsanul Husna mengungkapkan beberapa argumen mengenai umpan balik terhadap metode PAT kali ini.

    "Sejauh ini menurut saya tidak ada yang perlu dikembangkan lagi. Menggunakan aplikasi E-ujian sudah sangat meminimalisir pelajar tidak melakukan tindak kecurangan, karena segala aktivitas pada saat ujian berlangsung akan terekam oleh monitor pengawas."


    Liputan : Nur Syamsi & Eka Aulia

    Penulis: Khusnul Khatimah

    Penyunting: Andi Hudaiyah 

    Dokumentasi: Rahmatullah & Afdal

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728