Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    Rutinitas Jumat UPT SMAN 4 Wajo

    Pada Jum'at 12 Mei 2023 UPT SMAN 4 Wajo melaksanakan Dzikir rutin hari Jum'at. Kegiatan ini dilaksanakan di panggung Cemara UPT SMAN 4 Wajo. Kegiatan ini berlangsung pada pukul 12.00 Wita - selesai atau pada waktu dhuhur ketika para laki-laki melaksanakan shalat jum'at. Kegiatan ini diikuti oleh para siswi yang beragama Islam.

    Adapun sederet kegiatan dzikir rutin Jum'at ini diisi oleh pembacaan Asmaul Husna oleh Salma Maharani siswi kelas XI MIPA Komunikasi, lalu dilanjutkan dengan pembacaan dzikir yang dipimpin oleh Sitti Nurul Khafifah siswi kelas XI MIPA Komunikasi, kemudian ceramah sekaligus sebagai penutup kegiatan yang dibawakan oleh Nadiyah Jabir siswi kelas XI IPS Kreasi. Judul ceramah yang dibawakan pada Jum'at kali ini, yaitu zina.


    Pada ceramah, Nadiyah Jabir menyampaikan bahwa zina bukan hanya tentang berhubungan badan antar lawan jenis, tetapi zina dapat timbul dari hati ketika mengharapkan sesuatu dari lawan jenis dalam konteks perasaan, serta zina mata saat memandang lawan jenis dengan membawa perasaan. Kemudian zina yang marak dilakukan oleh generasi zaman sekarang tidak lain adalah pacaran. Nadiyah Jabir pun menyampaikan hukuman terhadap pezina serta membacakan ayat Al-Qur'an yang berisi larangan kepada umat muslim agar menjauhi atau tidak mendekati zina. 

    "Mendekatinya saja sudah berdosa,apalagi kalau dilakukan,"ujar Nadiyah Jabir.


    Kemudian Hasnawati, S.Ag selaku guru pendidikan agama Islam UPT SMAN 4 Wajo yang mendampingi jalannya acara, turut menambahkan hal terkait pertanyaan yang diajukan siswi tentang ceramah pekan lalu mengenai cara menyesuaikan budaya yang berdampingan dengan agama.


    Beliau mengatakan,"kita memang harus menyesuaikan cara berpakaian kita dengan tempat yang ditinggali, tidak logis adanya jika kita membawa budaya dari luar ke suatu daerah lain. Namun, jika budaya tersebut menyalahi aturan agama maka penting untuk kita menyadari bahwa budaya tersebut perlu kita hindari," jelas beliau diakhir ceramah.



    Menurut informasi yang diliput oleh Tim liputan kami tanggapan salah satu siswi yang mengikuti dzikir rutin hari Jum'at ini seputar tentang dzikir. "Menurut saya pribadi dzikir adalah sebuah sarana penenang jiwa dikala sedang kelelahan, merasa batin sedang tidak tenang maupun saat memiliki masalah". Ucap salah satu siswi.


    Manfaat utama, sebagaimana yang kita ketahui, dzikir adalah jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT. Dzikir sendiri bermanfaat sebagai penguat hati, penghilang kesedihan, melapangkan rezeki, serta bisa membuat wajah berseri-seri.




    1. Tim Liputan  : Ahsanul Husna & Khusnul Khatimah
    2. Tim penulis : 
    3. Tim Dokumentasi: Amila, A.Rifani Putri, Resty Ananda

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728