Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    Pelaksanaan Pra Pendaftaran UPT SMAN 4 Wajo Sebagai Langkah Awal PPDB

    Pada hari selasa, 6 Juni 2023 UPT SMAN 4 Wajo melaksanakan kegiatan  penyampaian informasi terkait pra pendaftaran yang berlangsung di Aula UPT SMAN 4 Wajo. Kegiatan ini diikuti oleh calon peserta didik baru yang akan mendaftar di UPT SMAN 4 Wajo serta tenaga pendidik selaku penanggung jawab PPDB yakni Muhammad Badruddin Sulaeman, S.Pd., Gr, dan Drs. Muhammad Yunus, M.M, serta Sri Wahyuni Bahri, S.Pd dimana penyampaian kegiatan diambil alih oleh gurunda Muhammad Badruddin Sulaeman, S.Pd., Gr. yang dimulai dari jam 09.50 WITA. Rangkaian kegiatan dimulai dengan peserta pra pendaftaran hadir di sekolah jam 09.00 WITA. Kemudian mengikuti sosialisasi berupa cara mendapatkan akun yang akan digunakan untuk mendaftar di UPT SMAN 4 Wajo. 

    Persyaratan kegiatan ini yaitu peserta didik lulusan SMP yang berminat mendaftar di UPT SMAN 4 Wajo serta mengikuti persyaratan PPDB SMA  Se-Sulawesi Selatan yakni:

    Berusia paling tinggi 21 tahun pada tanggal 1 Juli 2022. Memiliki ijazah SMP/sederajat atau dokumen lain yang menjelaskan telah menyelesaikan kelas 9 SMP. Syarat usia dibuktikan dengan akta kelahiran atau surat keterangan lahir dengan domisili peserta didik. Calon peserta didik baru baik warga negara Indonesia atau warga negara asing yang berasal dari sekolah luar negeri wajib mendapatkan surat keterangan dari direktur jenderal yang menangani bidang pendidikan dasar dan menengah. Peserta didik warga negara asing wajib mengikuti matrikulasi pendidikan bahasa Indonesia paling singkat 6 bulan yang diselenggarakan oleh sekolah yang bersangkutan. SMK dengan bidang keahlian tertentu dapat menetapkan tambahan persyaratan khusus dalam penerimaan peserta didik baru kelas 10 serta melaksanakan tes kompetensi. Kegiatan ini tidak wajib untuk diikuti karena hasil kegiatan ini akan diinformasikan kembali ke grup WhatsApp peserta pra pendaftaran. 

    Adapun penjelasan mengenai cara mengakses link pra pendaftaran yang dilakukan melalui http://ppdb.sulselprov.go.id :

     1. Pilih "daftar disini" pada sisi kanan atas halaman.

     2. Lakukan pengecekan NISN kamu, jika NISN berhasil ditemukan lalu pilih tombol lanjut.

     3. Masukkan Email kamu untuk memperoleh kode OTP.

     4. Cek Email kamu, jika telah memperoleh kode OTP melalui Email,  masukkan kode OTP untuk melakukan verifikasi dan pendaftaran akun.

     5. Setelah berhasil login, lakukan pengecekan ulang data pribadi, data alamat tempat domisili, data orang tua, dan mengisi nilai raport serta memilih sekolah.

     6. Lengkapi data pribadi seperti nomor telepon, alamat email, mengunggah foto berlatar polos dengan rasio 3:4 menghadap kamera, dan mengunggah akta kelahiran.

     7. Pastikan kamu mengisi secara lengkap data alamat domisili, serta data orang tua dan mengunggah scan kartu keluarga.

     8. Isi lengkap data nilai raport (akademik) semester. Lalu unggah scan ijazah/surat keterangan lulus.

     9. Pilih 3 rencana sekolah yang aman kamu daftar.

     10. Setelah melengkapi seluruh data, tahapan pra pendaftaran kamu telah berhasil.


    Kegiatan ini ditujukan untuk memudahkan calon peserta didik baru UPT SMAN 4 Wajo mengakses link pra pendaftaran yang dimana aplikasi/web ini hanya ada 1 di Sulawesi Selatan nantinya. Rangkaian kegiatan berlangsung dengan lancar tanpa hambatan. Pendaftaran ini akan dilaksanakan secara serentak Se-Sulawesi Selatan  dan akan dilaksanakan kembali di UPT SMAN 4 Wajo pada Jum'at, 16 Juni 2023 guna membuat akun pendaftaran yang diarahkan oleh panitia PPDB.





    1. Tim Liputan : Ahsnul Husna dan Khusnul Khatimah
    2. Penulis : Nurfadillah
    3. Tim Dokumentasi : Amila, A. Rifani, dan Resty Ananda
    4. Penyunting : Rina

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728