Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    Setelah Sukses di OSN-K, SMAN 4 Wajo Kini Berjuang Pada OSN-P 2023

    Setiap tahunnya dan setiap sekolah tentu membawa peserta didiknya untuk ikut serta dalam Olimpiade Sains Nasional (OSN). Hal ini dikarenakan OSN diharapkan dapat mengantarkan peserta didik menguasai ilmu pengetahuan dan teknologi. Selain itu, kompetensi ini diharapkan dapat memberikan pengalaman peserta didik dalam berkompetisi dan mengembangkan potensi, talenta, dan karakter peserta didik. 

    Kompetisi ini diselenggarakan oleh Pusat Prestasi Nasional di bawah Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia (Kemdikbudristek, sebelumnya Kemdikbud).

    Setelah diselenggarakannya OSN tingkat kabupaten kemarin, UPT SMA Negeri 4 Wajo berhasil meloloskan 4 pesertanya melaju ke tingkat provinsi. Adapun nama-nama peserta dan mata pelajaran, yaitu:

    1. Kebumian : Arya Rahman (XI IPS KREASI), Juara 1 OSN-K.

    2. Ekonomi : Muh. Yusuf (X Creativity), Juara 1 OSN-K.

    3. Biologi : Nur Fadilah (X Critical Thinking), Juara 1 OSN-K.

    4. Fisika : Afifah Husnun Karimah (X Collaboration), Juara 3 OSN-K.

    Setelah berhasil lolos di OSN-K, para peserta kemudian mengikuti OSN-P. OSN-P diselenggarakan di UPT SMA Negeri 1 Wajo dan dimulai pada tanggal 5 s.d. 8 Juni 2023.

    Pada OSN-P ini, peserta didampingi oleh Hasrida, S.Pd., M.Pd. selaku koordinator peserta dengan setiap pembimbing OSN mata pelajaran yang lolos menuju OSN-P, yakni Kebumian: Sri Wahyuni Bahri, S.Pd., M.Pd., Fisika: Ulviana Safitri, S.Pd., Ekonomi: H. Rahman, S.Pd., dan Biologi: Ishak, S.Pd.

    Dilansir dari wawancara dengan Hasrida, S.Pd., M.Pd. selaku koordinator, beliau menuturkan terkait inovasi bimbingan yang diberikan untuk peserta dalam persiapan mengikuti OSN-P.

    "Bimbingan yang diberikan, yaitu latihan mengerjakan soal-soal dan manajemen waktu. Yang istimewa adalah sekolah mendapatkan pembimbing tingkat nasional tahun ini, yaitu pembina dari SMA Negeri 3 Palopo yang dimutasi ke sekolah kita. Beliau merupakan pembimbing mata pelajaran ekonomi dan alhamdulillah tahun ini ekonomi dapat meraih juara 1 dan mudah-mudahan bisa lolos nanti ke tingkat nasional, begitupun dengan mata pelajaran yang lainnya."

    Selain itu, Hasrida, S.Pd., M.Pd. pun turut mengungkapkan kendala yang dialami selama persiapan keikutsertaan OSN-P.

    "Kendala yang dihadapi adalah waktu yang dibutuhkan untuk membimbing peserta yang terbatas."

    Setiap masalah tentu ada solusinya, maka kendala yang ada pada saat persiapan tentunya memiliki solusi. Seperti yang dikatakan Hasrida, S.Pd., M.Pd. terkait solusi yang diterapkan pada pembimbingan.

    "Para pembimbing memanajemen waktu yang digunakan sebagaimana mestinya sehingga pembimbingan dapat terlaksana dengan maksimal dan para peserta dapat menyiapkan diri dengan baik dari segi fisik dan mental mereka," ujar beliau.


    Mengakhiri sesi wawancara dengan Hasrida, S.Pd., M.Pd., beliau menuturkan sebuah pesan dan harapan kepada seluruh peserta yang berpartisipasi dalam OSN tahun ini.

    "Jangan pernah puas dengan apa yang telah Ananda capai sekarang. Ini baru awal dari kesuksesan kalian, kalian harus berjuang demi mengharumkan nama baik sekolah kita tercinta UPT SMA Negeri 4 Wajo. Semoga Ananda lolos di tingkat nasional."





    1. Tim Liputan : Eka Aulia dan Nur Syamsi
    2. Tim Penulis : Khusnul Khatimah
    3. Tim Penyunting : Nadhiya Ulhaq Salsabila
    4. Tim Dokumentasi : Afdal, M. Adil, dan Rahmatullah

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728