Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    Laksanakan Pra MPLS, UPT SMAN 4 Wajo Siap Menyambut Para Peserta Didik Baru

    UPT SMAN 4 Wajo telah sukses melaksanakan kegiatan Pra MPLS yang berlangsung selama 2 hari, terhitung mulai Sabtu, 15 Juli 2023 s.d. Minggu, 16 Juli 2023.

    Pra MPLS adalah kegiatan yang dilaksanakan sebelum pembukaan MPLS. Tujuan dilakukannya kegiatan ini yakni sebagai tahap pertama peserta didik baru mengenal lingkungan sekolah dan sebagai gebrakan awal sebelum benar-benar dilaksanakannya kegiatan MPLS. Di SMAN 4 Wajo,  kegiatan ini diikuti oleh seluruh peserta didik baru didamping di oleh Panitia Guru dan Panitia OSIS.

    Adapun rangkaian kegiatan pada pelaksanaan Pra MPLS adalah seluruh peserta didik baru diarahkan untuk kerja bakti demi menjaga keasrian dan kenyamanan di lingkungan sekolah. Sebelumnya, panitia telah membagi para peserta didik kedalam 10 gugus yang dimana masing-masing diisi oleh 19 orang. Pembagian gugus ini dilakukan secara acak dan masing-masing gugus didampingi oleh 2 orang panitia OSIS. 


    Setelah melakukan rangkaian kegiatan kerja bakti mulai dari membersihkan area kelas meliputi halaman dan dalam kelas, area lab, ruang guru, aula, mushalla, lapangan, serta parkiran, para peserta didik diarahkan untuk istirahat. Baru setelahnya diarahkan masuk ke ruangan yang telah ditentukan panitia untuk mengerjakan Asesmen Diagnostik dan Non Kognitif.


    Asesmen adalah upaya untuk mendapatkan data atau informasi dengan cara mengisi pertanyaan sesuai dengan keadaan peserta didik baru. Asesmen yang dilakukan para peserta didik baru dilaksanakan guna mengetahui kebutuhan belajarnya yang bertujuan untuk mengumpulkan metode belajar peserta didik dalam penentuan kelasnya kemudian dikelompokkan berdasarkan metode belajarnya sehingga membentuk satu kesamaan dan komunitas dalam kelas itu. 


    Pelaksanaan asesmen sendiri dilakukan dengan cara mengelompokkan peserta didik baru dalam 5 ruangan dengan diberikan sebuah lembar pertanyaan yang akan dijawab nantinya apabila sudah mengisi angket yang berbasis android. 

    Pada hari berikutnya, para peserta didik melakukan gladi untuk kegiatan Pembukaan MPLS yang dilaksanakan pada Senin, 17 Juli 2023. Panitia telah memilih nama-nama yang bertanggung jawab menjadi pelaksana pada saat pembukaan, termasuk menjadi pelaksana di upacara bendera. Hal ini dilakukan karena pembukaan MPLS bertepatan pada hari Senin, yang dimana diketahui setiap minggunya di hari Senin akan dilaksanakan upacara bendera.

    Selama pelaksanaan kegiatan, walaupun berjalan lancar selama 2 hari masih ada beberapa kendala yang dihadapi. “Mungkin ada beberapa kendala seperti prasarana yang kurang memadai, seperti alat bersih-bersih selayaknya sapu dan kain pel yang hilang entah kemana. Dan juga sepertinya para adik-adik peserta didik baru juga merasa sedikit kaget karena langsung disuruh membersihkan lingkungan sekolah. Tapi ini semua bisa menjadi tempat mereka lebih mengenal satu sama lain karena kerja bakti bisa menjadi tempat mereka merasakan kebersamaan, saling bahu membahu. Dan harapan ke depannya semoga mereka bisa menjadi pribadi yang lebih baik, menghargai yang lebih tua, serta bisa mengikuti tata tertib sekolah nantinya.” ungkap Samira Febriani Sakinah selaku Panitia OSIS yang mendampingi para peserta didik baru selama masa Pra MPLS. 





    1. Tim Liputan: Oktaviana Arif , Nur Syamsi G
    2. Penulis: Putri Rindiani Angka
    3. Penyunting: Andi Naila Zulayka
    4. Dokumentasi: Nayla Azzahra

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728