Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    Penanaman Pendidikan Karakter dan Budi Pekerti, UPT SMAN 4 Wajo Terapkan Budaya 5S

    Bangsa Indonesia dikenal sebagai orang – orang yang ramah. Hal ini perlu ditanamkan di setiap benak bangsa Indonesia, salah satunya yaitu melalui pendidikan karakter di sekolah. Demikian pula halnya dengan pendidikan karakter di UPT SMAN 4 Wajo.

    Dimulai sejak hari efektif sekolah UPT SMAN 4 Wajo kembali menggiatkan upaya penanaman pendidikan karakter dan budi pekerti melalui penerapan budaya 5S.

    Adapun program 5S merupakan sebuah akronim dari Senyum, Salam, Sapa, Sopan, dan Santun. Program ini adalah bentuk upaya yang ditujukan kepada seluruh warga sekolah dalam rangka penguatan karakter sekaligus sebagai sarana pengajaran terhadap peserta didik agar saling menghormati satu sama lain. 



    Rangkaian kegiatan penyambutan peserta didik saat tiba di sekolah  merupakan penerapan senyum, salam, sapa, sopan, dan santun. Beberapa guru akan berdiri di gerbang sekolah guna melakukan penyambutan kepada peserta didik.  Dalam pelaksanaannya guru yang bertugas menyambut peserta didik akan menyambut salam peserta didik dengan ramah dan menyapa. Sesekali diselingi  dengan menegur, memberikan nasehat, serta memperbaiki pakaian peserta didik agar terlihat rapih. 


    Norma yang berlaku di masyarakat Indonesia kini mulai banyak dilupakan oleh peserta didik maka sekolah perlu memberi contoh tauladan sebagai salah satu sarana pendidikan karakter dan budi pekerti. Selain itu, dengan adanya program 5S ini diharapkan peserta didik termotivasi apabila mereka disambut dengan baik oleh pihak sekolah. Sehingga ada semangat belajar yang terbangun ketika pelajaran berlangsung dan peserta didik merasa nyaman dengan kondisi belajar di sekolah.






    1. Tim liputan : Ahsanul Husna dan Khusnul Khatimah
    2. Tim dokumentasi : Resty Ananda, Amila , A.Rifani Putri
    3. Penulis : Andi Naila Zulayka
    4. Penyunting : Rina

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728