Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    Tuai Kembali Semangat dalam Menjaga Kebersihan Lingkungan, UPT SMAN 4 Wajo Laksanakan Kerja Bakti

     Kebersihan merupakan sebagian dari iman, kalimat ini sudah kerap kali kita dengar melalui beberapa kesempatan. Menjadi makhluk sosial, tentu kita tidak luput dari rasa tolong menolong dan membutuhkan satu sama lain. Tidak terkecuali dalam kegiatan menjaga kebersihan lingkungan. Sebagaimana yang di lakukan oleh peserta didik di UPT SMAN 4 Wajo yang selalu bekerjasama menjaga dan merawat kebersihan lingkungan terutama ruang kelas dan ruang kerja guru. 

    Kegiatan pembersihan atau akrab disapa kegiatan kerja bakti benar-benar dirasakan manfaatnya baik bagi peserta didik maupun bagi tenaga kependidikan di UPT SMAN 4 Wajo. Hal ini dikarenakan dengan adanya ruangan yang bersih suasana belajar mengajar yang tenang, nyaman dan segar akan tercipta. Membuat ilmu yang disampaikan dan didapatkan dapat lebih tercerna dengan baik. Hal ini karena otak yang bekerja lebih cepat dan fokus karena lingkungan sekitar yang bersih.

    Walaupun sudah memiliki petugas kebersihan yang setiap harinya membersihkan area sekolah, tentu bantuan dan peran warga sekolah seperti para peserta didik dan tenaga kependidikan juga masih menjadi hal yang penting. Dalam mewujudkan warga sekolah yang mencerminkan sikap menjaga kebersihan lingkungan, kegiatan kerja bakti dilaksanakan pada Jumat (21/07) kemarin. 

    Dalam pelaksanaannya, area yang dibersihkan mencakup setiap ruang kelas, ruang kerja guru, serta sekretariat OSIS. Masing-masing penghuni kelas membersihkan area kelasnya masing-masing dan mengatur posisi meja yang akan digunakan untuk proses belajar mengajar nantinya. Tak hanya itu, para Pengurus OSIS juga turut bekerja membersihkan area sekretariat OSIS yang dimana masih perlu pembenahan karena baru saja dilakukan renovasi. 

    Kegiatan pembersihan ini dilakukan sebelum memasuki minggu efektif pembelajaran. Setiap warga sekolah terlihat antusias melakukan kegiatan kerja bakti, seperti halnya Nadhiya Ulhaq Salsabila yang dalam wawancaranya mengatakan, “Pandangan saya tentang pembersihan hari ini yaitu sangat baik dan sangat bermanfaat bagi warga sekolah karena sekolah menjadi lebih rapi sebagaimana kebersihan sebagaian dari iman dan juga sekolah menjadi tempat yang nyaman bagi kita semua.”

    Setelah melakukan kegiatan pembersihan, para peserta didik tidak bisa menampik adanya rasa lelah yang timbul. “Memang cukup melelahkan tetapi lelah saya terbayarkan dengan bersihnya lingkungan kelas saya yang membuat hati saya tentram, damai dan sejuk.” Ungkap Nabila dalam sesi wawancara.

    Dari adanya kegiatan ini tentu diharapkan kedepannya para peserta didik mampu menanamkan sikap cinta terhadap lingkungan sekitar dengan turut andil dalam menjaga kebersihan lingkungan sekolah. 






    1. Tim Liputan : Ahsanul Husna dan Khusnul Khatimah
    2. Tim Dokumentasi : Resty Ananda, Amila, A.Rifani Putri
    3. Penulis: Andi Naila Zulayka
    4. Penyunting : Samira Febriani Sakinah

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728