Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    Belajar Demokrasi, UPT SMAN 4 Wajo Laksanakan Pemilihan Ketua OSIS

     Pada Jumat, 8 September 2023 UPT SMAN 4 Wajo melaksanakan kegiatan pemungutan suara calon  ketua OSIS dan wakil ketua OSIS periode 2023/2024. 

    Pada tahap awal telah dilaksanakan pemaparan visi dan misi serta melakukan debat antar pasangan calon yang telah berlangsung pada tanggal 7 September 2023. Setelah itu, masuk tahap berikutnya yaitu pemungutan suara pasangan calon ketua OSIS dan wakil ketua OSIS UPT SMAN 4 Wajo. Proses kegiatan pemungutan suaranberlangsung mulai pukul 06.20 hingga 07.15 WITA yang diarahkan langsung oleh KPPO (Komisi Pemilihan Pengurus OSIS). Lokasi pemungutan suara iatur di gerbang sekolah UPT SMAN 4 Wajo agar peserta didik yang baru datang akan lebih terorganisir dalam memberikan hak suara.

    Adapun rangkaian pelaksanaan kegiatan diawali dengan menghimbau  peserta didik yang memiliki hak suara untuk melakukan penandatanganan daftar hadir sesuai dengan urutan nama masing-masing. Kemudian diarahkan untuk menerima surat suara yang telah ditandatangani oleh ketua KPPO. Selanjutnya yaitu proses pencoblosan di bilik  suara, diikuti dengan memasukkan surat suara ke kotak suara. Dalam hal ini setiap pelaksana kegiatan menyelenggarakan Pemilihan Ketua OSIS (PILKETOS) dengan menjunjung tinggi asas pemilu yaitu langsung, umum, bebas, rahasia, jujur, serta adil.



    Selain itu segera dilanjutkan pelaksanaan kegiatan perhitungan suara. Kegiatan ini berlangsung di Panggung Cemara mulai pukul 08.00 hingga 09.40 WITA. Dihadiri oleh seluruh pasangan calon 1, 2,  dan 3, tim sukses, 3 orang saksi, serta KPPO. Adapun hasil  perhitungan suara untuk ketua OSIS dan wakil ketua OSIS yaitu sebagai berikut :

    Pasangan calon  1 = 133

    Pasangan calon 2 = 139

    Pasangan calon 3 = 238

    Berdasarkan hasil pemungutan suara dengan ini KPPO (Komisi Pembentuk Pengurus OSIS)  menyatakan pasangan calon nomor 3 berhasil terpilih sebagai ketua OSIS dan wakil ketua OSIS UPT SMAN 4 Wajo 2023/2024 yakni Rahmatullah selaku ketua OSIS dan Vianka Destia Selaku wakil ketua OSIS. 




    Kegiatan berlangsung dengan tertib dan lancar. Walaupun sebelumnya diliputi rasa tegang dan kecewa dari pasangan calon yang belum terpilih. Namun dimeriahkan oleh peserta didik yang sangat antusias dan bergembira mendengarkan perhitungan suara. Berikut ungkapan dari kesan dan perasaan pasangan calon setelah turut serta dalam kegiatan ini : 

    "Tentu kami merasa sedih, tetapi menurut kami ini bukanlah akhir untuk segala hal melainkan sebuah awal agar kami lebih bisa berkembang kedepannya." Nayla Az Zahra (Pasangan calon 2).  



    "Soal perasaan agak yah pastinya kecewa tetapi nasi sudah jadi bubur in syaa allah apapun yang terbaik dari Allah pasti juga terbaik bagi saya dan wakil saya jadi dengan ini bisa jadi pelajaran agar bisa mencoba menjadi lebih baik lagi"  Muh Fahry Yogi Albar (Pasangan calon 1). 

    "Pastinya kaget dan senang, dikarenakan banyaknya suara yang saya dapat, dan ini juga pengalaman pertama saya" Rahmatullah (Pasangan calon 3). 





    1. Tim Liputan: Ahsanul Husna
    2. Penulis : Nurfadillah
    3. Tim Dokumentasi: Amila, Resty Ananda, A. Rifani Putri
    4. Penyunting : Rina

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728