Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    Adakan Kompetisi 10K, UPT SMAN 4 Wajo Kembali Umumkan Juaranya

     Setelah berjalan selama 2 pekan penilaian, akhirnya diumumkan juara 10K pada sesi acara tambahan setelah Upacara Bendera hari Senin yang kembali digelar pada hari ini, 30 Oktober 2023 di lapangan UPT SMA Negeri 4 Wajo.



    Sebelum itu, Upacara Bendera pada pekan terakhir di bulan Oktober merupakan giliran kelas X Aktif menjadi pelaksana upacara. X Aktif sendiri mendapat tanggapan dari pembina upacara bahwa pelaksanaan mereka sudah cukup bagus, namun pembina upacara juga mengatakan bahwa mereka perlu latihan lebih serius lagi agar mendapatkan hasil yang maksimal. Bukan hanya terkhusus X Aktif, tapi seluruh kelas yang telah ataupun akan menjadi pelaksana untuk memantapkan latihan dan bisa memanfaatkan waktu di hari Jum’at pada saat jam ekskul.


    Yasser Arafat, S.Pd., Wakasek Kurikulum UPT SMA Negeri 4 Wajo ialah yang bertindak sebagai pembina upacara. Pada kesempatan kali ini, beliau mengutarakan banyak hal kepada seluruh peserta didik UPT SMA Negeri 4 Wajo. 


    Adapun hal-hal yang disampaikan diantaranya:

    1. Koreksi terkait pelaksanaan serta waktu pelaksanaan upacara yang harus ditertibkan. 

    2. Mulai pekan ini terjadi perubahan roster dikarenakan itulah tuntutan dari Kurikulum Merdeka dimana selain intrakurikuler harus pula dilaksanakan kegiatan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. ”Cita-cita kita, muara kita di UPT SMAN 4 Wajo, sesuai dengan visi-misi sekolah kita. Itu mau menjadikan kalian sebagai generasi yang berkarakter, tapi masih banyak misi-misi atau poin-poin yang lain. Ketika kita hubungkan dengan visi-misi pendidikan Indonesia, kalian akan dibawa menjadi Profil Pelajar Pancasila. Dan ketika dibawa ke nawa citanya Pak Jokowi, kalian akan dibawa menjadi generasi emas di tahun 2045 yang akan datang,” ujar Yasser Arafat, S.Pd. pada poin tersebut.

    3. Penegasan tata tertib kepada seluruh peserta didik dengan himbauan agar kiranya berhenti dan memperbaiki diri dengan menjauhi segala pelanggaran. ”Siapa yang membuat tata tertib itu? Bukan guru kalian. Tapi yang membuat tata tertib itu adalah siswa, meskipun bukan 546 yang terlibat langsung dalam pembuatan tata tertib, tapi ada perwakilan yang merumuskan tata tertib itu sehingga lahir tata tertib yang diberlakukan di sekolah kita. Malulah nak, jika kalian yang membuat tata tertib tapi kalian sendiri yang melanggarnya,” tukas beliau dengan tegas dan lantang. 


    4. Tanggal 20 November untuk jurusan MIPA dan 21 November untuk jurusan IPS akan mengikuti Assessment Bakat dan Minat yang ditujukan untuk keberlanjutan studi kelas XII nantinya.

    Beliau pun kembali menegaskan lebih lanjut terkait solusi dari segala pelanggaran yang telah dilakukan oleh peserta didik. ”Kalaupun ada masalah yang kalian perbuat, pertanggungjawabkanlah. Ketika ananda bertanggungjawab dengan perbuatan-perbuatan itu, Insya Allah jalan menuju ke kesuksesan itu yang akan diraih,” tutur beliau.


    ”Nak, semua masalah-masalah yang pernah kalian dapatkan jadikanlah sebagai pelajaran untuk memperbaiki diri. Mudah-mudahan ananda bisa menjadi manusia Indonesia yang seutuhnya, menjadi Pelajar Pancasila, dan menjadi generasi emas di tahun 2045,” tambah Yasser Arafat, S.Pd. sebelum mengakhiri amanatnya pada pagi hari ini.


    Dengan berakhirnya kegiatan Upacara Bendera, dilanjutkan dengan acara tambahan yang diambil alih oleh Andi Suharju Tannang, S.Pd.,M.Pd. salah satu tim penilai atau juri 10K yang dengan semangat mengumumkan serta menyebutkan juara dan perolehan nilai tiap kelas mulai dari urutan terakhir hingga juara pertama. Seperti diketahui, kompetisi 10K ini telah berjalan 2 pekan dan urutan juaranya akan diumumkan usai pelaksanaan upacara. 


    Berikut deretan juara 10K mulai pekan 1 dan 2 yang diraih setiap kelas yang ada di UPT SMA Negeri 4 Wajo mulai dari tingkat X, XI dan XII:


    Pekan 1:

    1. XII MIPA Komunikasi

    2. XII MIPA Kolaborasi

    3. XI Creativity

    4. X Cerdas

    5. X Competencies

    6. X Aktif

    7. X Moderat

    8. X Amanah

    9. X Etika

    10. XII IPS Kolaborasi

    11. XI Critical Thinking

    12. X Religius

    13. XI Collaboration

    14. XI Character

    15. XII IPS Kreasi

    16. XII IPS Komunikasi

    17. XI Communication


    Pekan 2:

    1. XII MIPA Kolaborasi

    2. XII MIPA Komunikasi

    3. XII IPS Kolaborasi

    4. X Cerdas

    5. XI Creativity

    6. XI Critical Thinking

    7. XI Character

    8. X Moderat

    9. XI Competencies

    10. X Etika

    11. X Aktif

    12. XI Communication

    13. XII IPS Kreasi

    14. XI Collaboration

    15. X Religius

    16. X Amanah

    17. XII IPS Komunikasi


    Dengan adanya pengumuman juara 10K, Kepala UPT SMA Negeri 4 Wajo pernah mengutarakan tanggapan dan pesan yang penting untuk dicermati dan diterapkan oleh peserta didik. ”Marilah berlomba-lomba dalam hal seperti ini. Semua pasti bisa tergantung dari strateginya serta kekompakannya. Yang juara 1 hari ini belum tentu akan kembali juara 1 pekan depan. Dari sekian jumlah kelas, mungkin saja akan lebih memaksimalkan dan meningkatkan kolaborasi dan sebagainya sehingga bisa meraih kedudukan di 10 besar bahkan bisa saja sebagai juara utama. Ini kita ciptakan demi masa depan, ananda yang baik,” ujar beliau. 


    Pentingnya 10K untuk dilaksanakan cukup simpel dan relevan bagi kehidupan sekolah, sebab unsur-unsur yang terdapat di dalamnya merupakan bahan implementasi hidup tentram dan tertib di lingkup sekolah. Hal itu dikarenakan ini merupakan kompetisi di mana akan menjadi pembiasaan peserta didik hidup bersih, menciptakan rasa kekeluargaan dan seluruh unsur 10K berawal dari tekad untuk meraih juara dan lama-kelamaan akan menjadi terbiasa walaupun kompetisi telah berakhir, sehingga yang semula masih terbelenggu kurangnya niat atau minat menjaga kebersihan, pada akhirnya tidak akan dianggap sebagai hal berat atau beban lagi oleh peserta didik.



    1. Tim Liputan : Eka Aulia, Nur Syamsi
    2. Penulis : Khusnul Khatimah
    3. Penyunting : Samira Febriani Sakinah 
    4. Dokumentasi :

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728