Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    Menumbuhkan Sifat Remaja yang Sehat, UPT SMAN 4 Wajo Melaksanakan Diklatsar PIK-R

     Jumat, 20 Oktober 2023- 21 Oktober 2023 dilaksanakan kegiatan DIKLATSAR PIK-R tepatnya di lab biologi di UPT SMAN 4 WAJO. Kegiatan ini dihadiri oleh panitia pelaksana DIKLATSAR PIK-R, peserta didik kelas 10 dan 11 yang berminat,  pembina ekstrakurikuler PIK-R serta pemateri. Tujuan utama pelatihan ekskul PIK-R di sekolah ini yaitu untuk mewujudkan anggota PIK- R yang berani tunjukkan aksi, beraksi dan berkolaborasi dalam menghadapi berbagai tantangan.

    Adapun materi yang diajarkan dalam ekskul PIK-R ini yaitu Kespro (kesehatan reproduksi), 8 fungsi keluarga, life skill dan PUP (pendewasaan usia perkawinan). Partisipasi siswa dalam ekskul PIK-R dapat meningkatkan pemahaman mereka tentang kesehatan remaja yaitu dengan bersungguh sungguh dalam mengabdikan diri untuk ekskul PIK-R, menyadari serta mengamalkan materi yang diberikan.

    Pelatihan ekskul PIK-R di sekolah membantu siswa dalam pengembangan keterampilan komunikasi dan kerja tim karena pada proses pelatihannya mulai dari pemaparan materi hingga Out Bond mengajak peserta untuk melatih diri dalam berbicara didepan umum (public speaking), dapat percaya diri, serta memiliki rasa tanggung jawab. Ekskul PIK-R dapat menjadi wadah untuk mengembangkan kepemimpinan dan tanggung jawab siswa dengan memaparkan materi-materi yang mampu menggugah kesadaran siswa siswi untuk bertanggung jawab melindungi diri serta orang-orang disekitarnya.

    Pada wawancara yang menjadi motivasi siswa-siswi untuk bergabung dengan ekskul PIK-R dan bagaimana mereka melihat manfaatnya “karena dengan masuk ke dalam PIK-R ini siswa bisa menjadi remaja yang sehat dalam hal sehat dalam pergaulan dan cara melihat manfaatnya adalah PIK-R ini memberikan banyak pelajaran dalam hidup sebagai remaja yang bisa dibilang rawan mendapatkan hal hal negatif”, ucap Nur Afdaliana yang merupakan salah satu peserta dari DIKLATSAR PIK-R.





    1. Tim liputan : Ahsanul Husna & Khusnul khatimah
    2. Penulis : Putri Rindiani Angka
    3. Penyunting : 
    4. Dokumentasi : Resty Ananda, Amila, A.Rifani Putri

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728