Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    Ketegangan Pelaksanaan PAS, Peserta Didik UPT SMAN 4 Wajo Berusaha Keras!


    Anabanua,-- Menggunakan aplikasi terbaru di hari pertama PAS, peserta didik UPT SMAN 4 Wajo diselimuti ketegangan serta kelegaan sebelum dan setelah PAS berakhir pada hari ini.

    Berdasarkan kalender pendidikan, bertepatan pada hari Senin, 27 November 2023 dilaksanakan Penilaian Akhir Semester (PAS) Ganjil salah satunya di UPT SMAN 4 Wajo. Berbagai tanggapan dan ungkapan diutarakan para peserta didik usai menyelesaikan soal-soal dari tiga mata pelajaran hari ini, yakni Matematika Wajib, Bahasa Indonesia Wajib serta Pendidikan Agama dan Budi Pekerti.

    "Kesan saya terkait PAS Ganjil hari pertama, yaitu mulai dari rasa tegang hingga rasa lega setelah menyelesaikan ujian. Bagi teman-teman yang lain mungkin ada ketegangan saat menghadapi soal-soal ujian seperti halnya dengan saya, sementara yang lain mungkin merasa puas dengan persiapan yang telah dilakukan. Dan menurut saya ini adalah kesempatan besar untuk belajar lebih baik, evaluasi diri untuk menghadapi hari-hari ujian selanjutnya. Semangat!" ungkap salah satu peserta didik dari kelas XI Critical Thinking, Afifah Husnun Karimah.

    Sejak pukul 08.00 s.d. 11.00 WITA, wajah-wajah peserta didik UPT SMAN 4 Wajo di setiap ruang kelas memang terlihat cukup tegang selama mengerjakan soal ujian, tetapi tak dapat dipungkiri pula bahwa mereka telah berusaha semaksimal mungkin menyelesaikannya dengan baik dan tepat waktu.

    Salah satu faktor ketegangan yang terjadi, yaitu penggunaan aplikasi RDEV Exam Browser yang berfitur ketat dan sensitif terhadap pergerakan di layar smartphone. Apabila ada pergerakan yang tidak diizinkan baik sengaja maupun tidak disengaja oleh peserta didik, maka soal-soal akan menghilang dan harus scan ulang barcode.

    Dengan usainya hari pertama PAS, Afifah Husnun Karimah pun turut mengutarakan harapannya untuk hari-hari PAS selanjutnya agar lebih baik dan memuaskan.

    "Harapan saya semoga hari-hari ujian selanjutnya diwarnai dengan kepercayaan diri bagi saya dan teman-teman. Semoga soal-soal ujian sesuai dengan persiapan yang telah dilakukan dan hasilnya memuaskan. Yang terpenting, semoga saya dapat menghadapi ujian dengan fokus untuk meraih hasil terbaik. Sukses untuk semua teman-teman!" ujarnya dengan wajah berseri-seri dan semangat yang menggebu-gebu.

    Adapun tujuan dari PAS berbasis aplikasi RDEV Exam Browser ini untuk meminimalisir kecurangan yang bisa saja dilakukan oleh peserta didik. Selain itu, dengan meninggalkan trend berbasis tes tertulis akan membantu pelestarian lingkungan sekolah dari keberadaan sampah kertas serta mengurangi penggunaan atau penebangan pohon untuk bahan kertas.




    • Tim Liputan: Eka Aulia & Nur Syamsi
    • Penulis: Khusnul Khatimah
    • Penyunting:
    • Dokumentasi: Rahmatullah, M. Shahib Afdal & M. Adil

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728