Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    Pengawas MKPS Kabupaten Wajo Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan Kunjungi UPT SMAN 4 Wajo


    Pada Kamis (16/11/2023), pengawas MKPS Kabupaten Wajo Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan datang dan turut mendampingi jalannya kegiatan PKG (Penilaian Kinerja Guru) dan PKKS (Penilaian Kinerja Kepala Sekolah) yang berlangsung di Aula Cemara. Diketahui, pengawas telah mengunjungi sepuluh sekolah yang salah satunya merupakan UPT SMAN 4 Wajo.

    Menurut Drs. Hamran Ambo Saro, M.Pd. maksud atau tujuan yang menjadi urgensi kedatangan MKPS SMA/SMK Kabupaten Wajo Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan adalah untuk mendampingi sekolah serta melakukan dua penilaian, yaitu Penilaian Kinerja Guru dan Penilaian Kinerja Kepala Sekolah yang kemudian akan menghadirkan rapor pendidikan untuk masing-masing guru, dengan cara memantau dan menginput beberapa kompetensi, diantaranya: kompetensi pedagogik, kompetensi kepribadian, dan kompetensi lainnya. Yang bertujuan untuk mengetahui sejauh mana level atau keterampilan seorang guru.

    Ketua MKPS SMA/SMK Kabupaten Wajo Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, Drs. Hamran Ambo Saro, M.Pd. pun mengungkapkan pula bahwa hal penting yang perlu ditingkatkan berdasarkan nilai rapor pendidikan, yaitu GTK. Serta beliau juga mengingatkan bahwa setiap membuat RKT (Rencana Kinerja Tahunan), harus mengacu pada analisis rapor pendidikan sekolah.

    "Alhamdulillah posisi kepala sekolah dalam posisi cakap untuk menjadi kepala sekolah. Kemudian guru-gurunya dinyatakan bahwa rata-rata kompeten dalam melaksanakan tugasnya. Dan hanya ada beberapa kompetensi yang perlu ditingkatkan, termasuk kompetensi pedagogik," ujar beliau mengenai kesan yang dapat disimpulkan setelah memantau jalannya kegiatan PKG dan PKKS serta evaluasi rapor pendidikan UPT SMAN 4 Wajo.

    Nurlela, S.Pd., M.Si. salah satu tim pengawas dari MKPS SMA/SMK Kabupaten Wajo Dinas Pendidikan Provinsi Sulawesi Selatan, setelah berkeliling di kompleks UPT SMAN 4 Wajo beliau pun turut mengungkapkan kesan bahwasanya manajemen kepala sekolah, perilaku serta pola interaksi kepala sekolah yang merupakan tiga komponen penilaian terisi nilai sangat baik bagi UPT SMAN 4 Wajo.

    Sebelum menutup sesi wawancara bersama tim liputan Jurnalistik Cemara, Ketua MKPS SMA/SMK Kabupaten Wajo tak lupa mengutarakan harapan mendalam bagi UPT SMAN 4 Wajo. Beliau mengatakan bahwa semoga UPT SMAN 4 Wajo dapat bersaing dan setara dengan SMA favorit seluruh Indonesia serta bisa menjadi contoh bagi sekolah-sekolah yang ada di provinsi Sulawesi Selatan dan khususnya Kabupaten Wajo sehingga bisa melahirkan lulusan atau alumni-alumni yang kompetitif, cerdas, berkarakter dan mampu bersaing di seluruh Perguruan Tinggi Negeri serta siap di zamannya melalui pendidikan Profil Pelajar Pancasila.




    1. Tim Liputan: Eka Aulia dan Nur Syamsi 
    2. Penulis: Khusnul Khatimah
    3. Penyunting: Nadhiya Ulhaq Salsabila
    4. Dokumentasi: Eka Aulia

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728