Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    Semarakkan Porseni UPT SMAN 4 Wajo Melalui Pertandingan Futsal

     


    Pada Jumat, 15 Desember 2023, pertandingan futsal akhirnya kembali dilanjutkan setelah menjalani jeda sehari untuk memberikan ruang pada pertandingan basket putri pada Kamis, 14 Desember 2023. Kegiatan yang diberi nama "Pertandingan Futsal PA" ini merupakan bagian dari rangkaian acara Porseni  cabang olahraga yang berlangsung di lapangan UPT SMAN 4 WAJO. Tidak hanya sehari, pertandingan futsal sebelumnya telah digelar sejak Senin, 11 Desember 2023 dan akan dilanjutkan kembali untuk babak final pada Senin, 18 Desember 2023. 

    Kegiatan PORSENI yang diselenggarakan oleh OSIS UPT SMAN 4 Wajo wajib diikuti oleh seluruh peserta didik UPT SMAN 4 WAJO. Namun untuk peseta pertandingan, terdapat persyaratan tertentu yang tercantum dalam juknis dan kesepakatan Technical Meeting tergantung dengan jenis lomba. Salah satunya adalah mendaftarkan perwakilan kelas yang akan menjadi peserta pertandingan. Namun dalam pertandingan futsal syarat utamanya ialah peserta merupakan siswa UPT SMAN 4 Wajo dan bertanding untuk mewakili kelasnya. Dalam hal ini peserta pertandingan ialah peserta tetap yang membentuk tim, dimana Setiap tim terdiri dari 8 orang, dengan 5 pemain inti termasuk penjaga gawang dan 3 cadangan.

    Sebelumnya, pada technical meeting baik Pembina, peserta ataupun panitia telah meninjau dan menyepakati juknis yang telah dirancang. Pada juknis Pertandingan futsal mencakup segala aspek jalannya pertandingan mulai dari persyaratan, ketentuan hingga sistem pertandingan.  Adapun sistem pertandingan berdasarkan juknis yang dibagikan 

    1. Pertandingan menggunakan sistem group.

    2. Lama pertandingan 2 x 10 menit dengan istirahat 5 menit.

    3. Untuk pertandingan semi final dan final diperpanjang 2 x 15 menit dengan istirahat 5 menit.

    4. Jumlah pemain dalam 1 tim adalah 8 orang, 5 pemain inti termasuk penjaga gawang, dan 3 cadangan. 

    Pelaksanaan kegiatan berlangsung lancar berkat jadwal dan skema yang telah dipersiapkan oleh panitia. Meskipun cuaca panas dan kelelahan menjadi tantangan, semangat peserta didik tetap membara untuk menikmati pertandingan yang sedang berlangsung. Selain itu, Arman sebagai narasumber memberikan pesan berharga, "Berdoalah sebelum bertanding, berusahalah sekuat tenaga saat bertanding, dan bersyukurlah setelah bertanding, apa pun hasil akhirnya." Ia juga menambahkan kesan setelah pertandingan, bahwa futsal bukan hanya tentang keahlian individu, tetapi juga kerja sama tim secara keseluruhan. Bermain futsal dapat melatih karakter setiap pemain untuk lebih bertanggung jawab, seperti saat merebut bola dari lawan.




    1. Narasumber : Arman
    2. Tim Liputan : APRILYA SAMIDHA & ANITA RAMADHANI
    3. Tim penulis : Rina
    4. Penyunting: Nayla Az Zahra

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728