Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    Pembelajaran P5 di SMA Negeri 4 Wajo: Bhinneka Tunggal Ika sebagai Fokus Utama Minggu Pertama

     Rabu (17/01/2024), pembelajaran Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) di SMA Negeri 4 Wajo terkhusus untuk siswa/i kelas X diajarkan materi terkait Bhinneka Tunggal Ika secara mendalam. Dalam hal ini, siswa diarahkan agar bekerja secara berkelompok untuk menyimpulkan perbedaan antara kelompok marginal dan non-marginal dari sebuah vidio yang diberikan, serta kelompok rentan dan kelompok tidak rentan berdasarkan isi video yang mereka saksikan.

    Seluruh siswa kelas X turut serta dalam pembelajaran P5 ini yang berlangsung di lingkungan SMA Negeri 4 Wajo. Pembelajaran P5 ini dimulai sejak bulan November 2023 lalu, kemudian dilanjutkan pada bulan ini, Januari, hingga bulan Februari yang akan datang. Adapun terkait dengan jadwalnya, proses pembelajaran P5 ini melibatkan banyak pembina yang sudah dijadwalkan untuk membawakan materi agar pembelajaran dapat berjalan dengan efektif. Bhinneka Tunggal Ika diangkat sebagai tema karena termasuk ke dalam bagian dari Kurikulum Merdeka yang disusun oleh para pakar pendidikan di Indonesia.

    Antusias siswa begitu positif dalam menyambut pembelajaran dengan senang hati karena mereka mendapatkan kebebasan dalam menyelesaikan tugasnya. Narasumber, Ielwiwi Kadir, S.Pd., M.Pd., menekankan peran para pembina yang sangat penting sebagai pemandu dalam proses pembelajaran P5 ini.

    Adapun pelajaran yang dapat siswa petik pada pembelajaran P5 hari ini adalah kemampuan siswa untuk membedakan kelompok diskriminasi, baik yang marginal maupun non-marginal, serta kelompok yang rentan dan tidak rentan terhadap diskriminasi.





    1. Narasumber : Ielwiwi Kadir, S.Pd., M.Pd.
    2. Tim liputan : Nur Fitri Ibnu & Vianka Destia
    3. Penulis : Fifi Angraeni
    4. Penyunting : Nurwindah 
    5. Tim Dokumentasi : Alim Muliawan & Haikal Sabila

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728