Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    UPT SMAN 4 Wajo Sukses Menggelar P5 Suara Demokrasi: Berekspresi dalam Menyukseskan Pemilu

    Selasa, 30 Januari 2024, dalam rangka meningkatkan pemahaman siswa tentang demokrasi, UPT SMAN 4 Wajo berhasil menyelenggarakan kegiatan P5 tema Suara Demokrasi melaui diskusi kritis dengan mengangkat tema kegiatan "Berekspresi dalam Menyukseskan Pemilu." Kegiatan ini menghadirkan seorang pemateri yang berhasil menarik perhatian siswa/i, yaitu Dr. Andi Bau Mallarangeng, S.H., M.H., seorang dosen di LLDIKTI Wilayah IX Sulawesi, tak hanya itu beliau juga mengenalkan dirinya yang memiliki peran penting terhadap Pemilu di Kabupaten Wajo yang sudah digelutinya sejak beberapa tahun lalu. 

    Dalam pemaparan materinya terkait demokrasi, Dr.Andi Bau Mallarangeng, S.H., M.H., membahas tentang konsep demokrasi, sejarah demokrasi, serta memberikan pemahaman mendalam tentang nilai-nilai demokrasi. Beliau juga membagikan beberapa hal penting terkait peran seorang pelajar terhadap pemilu. Sebagaimana tema yang diangkat, beliau melakukan ini guna untuk membantu siswa/i UPT SMAN 4 Wajo agar tetap ikut berpartisipasi dalam pemilu meskipun belum bisa menggunakan hak pilihnya karena masih terhalang umur. 

    Dosen yang juga merintis Yayasan Lembaga Kajian Hukum dan Demokrasi ini, memberikan inspirasi dengan menyoroti pentingnya pendidikan demokrasi, terutama di kalangan para pelajar. "Siswa adalah corong dimasyarakat, karna tidak mungkin saya bisa bertemu dengan masyarakat satu persatu," ungkapnya.

    Salah satu inovasi yang dilakukan oleh lembaga ini adalah Lomba Esai Demokrasi. Lomba ini memberikan kesempatan kepada siswa/i SMA untuk mengekspresikan pemahaman mereka tentang demokrasi melalui tulisan. Dengan adanya lomba ini, diharapkan siswa dapat menjadi pemilih kritis dan rasional.

    Dari kegiatan ini, berbagai respon positif dapat dirasakan dari peserta P5 UPT SMAN 4 Wajo yang turut serta hadir dalam kegiatan ini, yakni kelas X dan kelas XI. Ahsanul Husna, menyatakan bagaimana ia dengan semangatnya dalam mengikuti kegiatan ini. Sedangkan Vianka Destia dan Rabiatul Adewiah Az-zahra menunjukkan antusiasme dan keinginan untuk lebih memahami materi terkait demokrasi.

    Hingga akhir kegiatan, terlihat bahwa tidak ada kendala yang signifikan selama P5 berlangsung. Para peserta merasa puas dengan penyampaian materi dan antusiasme yang diterima dari pemateri. Hal ini menunjukkan bahwa pendidikan demokrasi di kalangan siswa dapat menjadi langkah positif dalam membentuk pemilih yang cerdas dan berpartisipasi aktif dalam proses demokrasi.





    1. Tim Liputan: Besse Alya Zahira, Nur Afifah & Khusnul Khatimah
    2. Penulis : Khairunnisa Afifah
    3. Penyunting: Febrianti Zahmiranda

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728