Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    Menciptakan Generasi Cinta Qur'an, SMAN 4 Wajo Kembali Mengaktifkan Rutinitas Paginya, Literasi Al-Qur'an

    Rabu, 7 Februari 2024, SMAN 4 Wajo mulai kembali mengaktifkan rutinitas paginya yaitu literasi Al-Qur'an bagi peserta didik yang beragama Islam sebelum dimulainya proses pembelajaran yang dilakukan di ruang kelas masing-masing. Kegiatan ini diimplementasikan dengan tujuan untuk memberdayakan individu dan mengajarkan peserta didik tentang pentingnya membaca Al-Qur'an secara rutin.

    Dengan adanya kegiatan ini diharapkan dapat membentuk karakter yang baik dalam diri peserta didik, tidak hanya dalam kehidupan dunia, tetapi juga untuk persiapan kehidupan akhirat.

    Proses literasi dilakukan melalui kegiatan membaca Al-Qur'an di kelas dengan menggunakan handphone sebagai alat bantu. Langkah ini diambil untuk memfasilitasi siswa dalam mendapatkan akses yang mudah dan nyaman dalam menjalankan kegiatan literasi setiap hari. Menariknya, tidak ada kendala yang disebutkan dalam pelaksanaan literasi Al-Qur'an. Proses ini tampaknya berjalan lancar tanpa hambatan, memberikan ruang bagi siswa untuk fokus pada kegiatan literasi dan pencapaian karakter positif.

    Meskipun kegiatan ini berfokus pada literasi Al-Qur'an, peserta didik beragama Islam dan yang non-muslim tetap berada di ruang kelas. Hal ini mencerminkan semangat toleransi dan saling menghormati antar peserta didik sehingga dapat membangun lingkungan kelas yang inklusif.

    Seperti halnya yang diungkapkan oleh Andi Bau Evandra Sakti, salah seorang peserta didik SMAN 4 Wajo, menyatakan bahwa kegiatan literasi ini memaknai bahwa peserta didik harusnya bisa membagi waktu untuk meraih kebahagiaan di dunia dan di akhirat. Ini menunjukkan kesadaran akan pentingnya keselarasan antara kehidupan sehari-hari dan spiritualitas.

    Literasi Al-Qur'an dilaksanakan setiap hari di sekolah ini, menunjukkan komitmen untuk membuatnya sebagai kegiatan rutin. Tindakan ini membantu membangun kebiasaan positif di antara siswa, memperkuat nilai-nilai keagamaan dan moral.





    1. Narasumber: Andi Bau Evandra Sakti
    2. Tim liputan: Nur Fitri Ibnu & Vianka Destia
    3. Penulis: Fifi Angraeni
    4. Penyunting: Nurwindah

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728