Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    Serunya Belajar Semaphore Bersama Pramuka SMAN 4 Wajo Di Jam Ekstrakurikuler


    Pada Jumat, 02 Februari 2024 ekstrakurikuler Pramuka SMAN 4 Wajo atau yang lebih dikenal dengan nama Cemara Scout menjalani pekan ini dengan materi yang menarik, yaitu semaphore. Semaphore menjadi fokus utama sebagai salah satu teknik komunikasi untuk menyampaikan dan menerima pesan, khususnya dalam situasi jarak jauh dengan para anggota Pramuka. Dalam pelatihan kali ini, materi semaphore dipelajari di lapangan batako SMAN 4 Wajo dan dilangsungkan pada saat jam ekstrakurikuler. 

    Materi semaphore sangat penting bagi Pramuka karena menjadi keterampilan esensial dalam berkomunikasi, terutama saat menjalankan kegiatan di alam terbuka atau dalam konteks kepramukaan. Tentu saja kegiatan ini dibimbing oleh kakak-kakak senior dari tingkat laksana dan bantara, yang memberikan panduan serta memastikan pemahaman materi kepada seluruh anggota. Metode pembelajaran yang diterapkan oleh kakak pembimbing melibatkan praktek gerakan semaphore secara berulang-ulang untuk memudahkan pemahaman dan penghafalan huruf alfabet. Juga, menurut salah satu peserta bahwa yang menjadi daya tarik dalam kegiatan ini dikarenakan para anggota Pramuka saling belajar, mengajari, dan memberikan masukan satu sama lain. 

    Dengan semangat kepramukaan yang tinggi, ekstrakulikuler Pramuka SMAN 4 Wajo terus memberikan pengalaman belajar yang berharga bagi para anggotanya dengan harapan mereka dapat mengaplikasikan semaphor dengan baik dalam setiap kegiatan kepramukaan yang akan datang. Salah satu peserta, Nur Fadira mengungkapkan bahwa pemahamannya terhadap materi semaphore sudah cukup jauh, namun tetap terdapat beberapa gerakan yang perlu diingat kembali. Harapannya usai memahami materi adalah agar kedepannya dapat lebih lancar dan tidak cepat lupa dalam melakukan gerakan semaphore.







    1. Narasumber : Nur Fadira
    2. Tim Liputan: Anita Ramadhani & Aprilya Samidha
    3. Tim Penulis: Rina
    4. Penyunting : Nayla Az Zahra

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728