Header Ads

ad728
  • Sekilas Berita

    Lomba Dakwah Meriahkan Bulan Ramadan di UPT SMAN 4 Wajo

    Pada tanggal 15 Maret 2024, Mesjid An Nahr di UPT SMAN 4 Wajo menjadi saksi gelaran lomba yang memeriahkan bulan suci Ramadan. Kegiatan yang diadakan menampilkan serangkaian kompetisi, di antaranya lomba dakwah yang diselenggarakan pada hari Jumat. Tema dari kegiatan ini adalah "Holy month Ramadan: Tuntas Buta Huruf Al-Qur'an Melalui Ramadan Mengaji". Para peserta, yang merupakan perwakilan dari berbagai kelas di UPT SMAN 4 Wajo, berkompetisi dengan penuh semangat. Kegiatan ini merupakan bagian dari upaya untuk memeriahkan bulan Ramadhan dan mendekatkan diri kepada Allah SWT, memperluas wawasan ilmu beragama, serta menjaga silaturahmi antar peserta didik dengan rasa kekeluargaan. 

    Kriteria penilaian lomba dakwah meliputi pelafalan, intonasi, dan artikulasi; kesesuaian isi dan pesan moral dengan tema; serta penggunaan bahasa yang sopan. Para juri yang terdiri dari guru-guru terkemuka, antara lain Andi Muladettia S.Pd, Wafiyah Hamzah S. Pd., dan Drs. H. Hamka, MM. Pd., memberikan penilaian secara cermat. Walaupun demikian, tetap saja terdapat kendala disepanjang jalannya kegiatan. Berdasarkan opini peserta kendala yang dihadapi termasuk keinginan untuk tertawa saat melihat teman-teman, serta kekhawatiran akan menyinggung perasaan orang lain dalam menyampaikan pesan moral. Namun, semangat untuk memberikan yang terbaik tidak surut.

    Salah satu ceramah yang disampaikan oleh salah satu pesert berjudul "Generasi Muda Bijaksana di Era Teknologi", mencerminkan kesadaran akan penyalahgunaan teknologi di kalangan masyarakat. Meskipun menghadapi tantangan seperti gugup dan khawatir akan kesalahan berbicara, peserta tetap berusaha tampil sebaik mungkin. Melihat penampilan memukau dari peserta lainnya, salah seorang peserta menyampaikan kesannya dengan perasaan senang karena masih banyak teladan yang bisa dijadikan panutan dalam berceramah "tentunya saya merasa takjub dan merasa senang karena ternyata disekitar saya masih banyak yang bisa dijadikan teladan dalam berceramah dan juga saya merasa tersentuh oleh beberapa penmpilan ceramah dari para peserta lomba ceramah tadi". Lomba ini bukan hanya tentang persaingan, tetapi juga tentang memperkaya pengetahuan agama dan mempererat tali persaudaraan di antara peserta didik UPT SMAN 4 Wajo.




    1. Tim Liputan : Anita Ramadhani & Aprilya Samidha
    2. Tim Penulis : Rina
    3. Penyunting : Nayla Az Zahra

    Tidak ada komentar

    Post Top Ad

    ad728

    Post Bottom Ad

    ad728